Sebagai penghobi ayam aduan, sudah tidak asing lagi dengan istilah rontok bulu atau sering juga disebut dengan mabung. Mabung merupakan sebuah proses pergantian bulu pada ayam aduan. Hal ini terjadi secara rutin setiap tahunnya.

Ayam aduan mabung pertama kali ketika akan menginjak dewasa, pada umur 6-9 bulan. Selanjutnya ayam aduan dikatakan dewasa jika sudah mengalami pergantian bulu atau mabung. Pergantian bulu selanjutnya terjadi lebih lama yakni 10 bulan atau 1 tahun kemudian. Biasanya masa pergantian bulu pada ayam aduan terjadi sekitar 3-6 bulan. Lama masa pergantian bulu dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti perawatan yang dilakukan, nutrisi yang diberikan, serta tindakan yang dilakukan supaya proses pergantian bulu cepat selesai. Ayam yang sedang melakukan proses pergantian bulu membutuhkan perawatan ekstra.

Untuk mempersingkat masa pergantian bulu, beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

  • Menyediakan kandang khusus – Kandang khusus bertujuan untuk kandang isolasi sehingga ayam yang sedang mengalami proses pergantian bulu merasa nyaman dan tidak terganggu oleh ayam lain.
  • Perawatan khusus – Perawatan yang diberikan tentu disesuaikan dengan kondisi ayam. Pada umumnya ayam mabung akan mengalami kelemahan fisik sehingga aktifitas berat dapat dihentikan. Ayam tersebut tidak perlu dilakukan umbaran cukup kegiatan ringan untuk melemaskan otot seperti lari atau senam ringan karena ayam mabung akan banyak diam. Hati-hati saat memegang ayam karena ayam menjadi lebih sensitif dan terasa sakit saat bulu halus yang sedang tumbuh jika tersentuh. Perlu juga diperhatikan pada bulu-bulu yang masih muda jangan sampai rusak, terlebih pada bagian sayap. Karena bulu sayap akan berpengaruh terhadap pukulan ayam.
  • Pemberian pakan bernutrisi – Pakan merupakan sumber energi dan pertumbuhan. Meskipun ayam yang sedang mengalai pergantian bulu lebih banyak dian, bukan berarti pakan harian yang diberikan tidak diperhatikan. Pakan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan nutrisi ayam. Pakan tersebut perlu mengandung protein, mineral dan vitamin yang tinggi untuk meningkatkan kondisi fisik ayam. Jika diperhatikan ayam yang sedang mengalami pergantian bulu, ototnya menjadi lebih lemah dan terkadang terjadi penurunan berat badan.
  • Pemberian suplemen – Saat masa mabung, kebutuhan protein dan multivitamin meningkat. Kekurangan atau ketidakseimbangan asupan protein dan multivitamin dapat mengakibatkan kerugian besar pada periode pergantian bulu. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut ayam perlu mendapatkan suplemen khusus untuk mempercepat tumbuhnya bulu. Selain untuk mempercepat pertumbuhan bulu, pemberian suplemen juga bertujuan supaya bulu yang tubuh lebat kembali. Kandungan protein dan multivitamin juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan meningkatkan pertumbuhan ayam. Seperti suplemen yang telah kita kenal yaitu Solvit.

Untuk mempersingkat masa pergantian bulu pada ayam aduan dibutuhkan perhatian yang lebih dan keuletan. Setelah masa mabung, ayam dapat dilatih kembali. Namun perlu diperhatikan jika latihan dilakukan secara bertahap atau pemanasan hingga beberapa hari. Hal ini bertujuan agar ayam tidak stres dan menjaga kondisi supaya tidak drop.

Mempersingkat Masa Pergantian Bulu Ayam Aduan
Tag pada:            

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin