Turun urat merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh pemilik ayam laga yang menyebabkan gangguan pada alat gerak khususnya kaki merupakan senjata bagi ayam saat bertanding. Gangguan alat gerak tersebut akan berpengaruh pada aktivitas dan pergerakan ayam, baik aktivitas harian maupun saat ditandingkan.

Turun urat pada ayam laga disebabkan karena ayam yang usianya masih muda ditandingkan dengan ayam tua atau ayam yang sudah mempunyai pengalaman dalam bertarung. Serta ayam muda yang terlalu lama ditarungkan atau dilatih abar. Sedangkan tulang dan otot ayam muda belum tumbuh maksimal dan belum kuat. Otot yang belum kuat dapat mengalami robek atau bengkak yang mengakibatkan rusaknya jaringan otot pada ayam laga tersebut. Ayam muda yang terlalu keras berlatih atau melewati batas kesanggupan fisik juga akan berisiko terhadap penyakit ini. Turun urat juga dapat terjadi pada ayam yang sudah cukup umur karena adanya benturan yang cukup keras saat ditandingkan atau terlalu sering ditandingkan.

Ayam yang mengalami turun urat biasanya akan nampak lemas, sering mengangkat salah satu kaki yang mengalami turun urat, kaki terasa panas jika diraba, terkadang terjadi pembengkakan pada kaki bahkan hingga lebam kebiruan, berjalan tidak seimbang atau berjalan dengan salah satu kaki sebagai tumpuan sedangkan kaki lainnya terasa sakit untuk menapak, diam di kandang dan tidak mau bergerak, kaki terasa kaku sehingga susah digerakkan, jari kakinya terlihat melengkung ke bawah seperti menekuk dan nafsu makan ayam menurun.

Ayam yang mengalami turun urat harus segera dilakukan penanganan karena jika terlambat dapat mengakibatkan kelumpuhan. Untuk menyembuhkan ayam yang turun urat, perawatan perlu dilakukan dengan ketelatenan dan kesabaran misalnya dengan perawatan seperti berikut:

  • Rendam kaki dalam ember yang berisi air hangat yang ditambahkan dengan garam.
  • Jika terdapat luka luar, luka perlu dicuci dan dioles dengan antiseptik seperti Antisep.
  • Kaki ayam yang mengalami turun urat dapat diperban atau dibungkus dengan kain kasa. Sebaiknya saat diperban tidak menutup sampai ke jari-jari kaki sehingga ayam tetap bisa menapak/menginjak tanah. Ganti perban tersebut setiap hari untuk menghindari infeksi dan mempercepat penyembuhan.
  • Saat mengganti perban, kaki yg mengalami turun urat dapat direndam terlebih dahulu dengan air yang dicampur dengan garam baru kemudian diperban kembali.
  • Pada saat siang hari ayam dapat diletakan di area yang teduh namun tidak dicampur dengan ayam jantan lain. Hindari area kandang yang sempit atau ruang yang terbatas supaya ayam dapat beristirahat dan leluasa untuk bergerak.
  • Ayam perlu diistirahatkan/ tidak ditandingkan dan tidak diberikan latihan fisik terlebih dahulu hingga kakinya sembuh sambil diberikan makanan yang bernutrisi. Pada ayam yang nafsu makannya turun dapat dibantu dengan disuapi/diloloh.
  • Berikan obat untuk peradangan dan nyeri otot dengan Tendefit pada ayam laga tersebut.

Pencegahan yang dapat dilakukan pada ayam laga agar tidak terkena turun urat yaitu dengan memberikan perawatan yang baik dan tidak mengadu ayam laga muda dengan ayam yang jauh lebih tua atau berpengalaman dalam bertanding. Serta tidak terlalu memforsir ayam muda saat latihan. Untuk ayam muda, latihan awal dapat diberikan selama 3-5 menit kemudian meningkat secara bertahap hingga dapat dilatih selama 15-20 menit. Hal ini karena tulang dan otot ayam muda belum kuat untuk latihan yang terlalu keras melewati kapasitas ayam atau pertandingan yang berat. Untuk mengurangi peradangan, nyeri otot serta mencegah turun urat berikan Tendefit setelah latihan atau bertanding. Tendefit tidak hanya mengobati peradangan pada kaki saja namun juga peradangan pada semua bagian tubuh terlebih setelah ayam bertanding.

Mengatasi Turun Urat Pada Ayam Laga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin