Bapak Agung

Boyolali – Jawa Tengah

Untuk DOC yang baru masuk sebaiknya diberi apa? Selama ini saya hanya memberi air gula saja. Apakah itu cukup? Atau perlu ditambah dengan vitamin?

 

 

Jawab:

Yth. Bapak Agung, terima kasih atas pertanyaannya. Untuk DOC yang baru tiba di kandang memang dianjurkan diberi air minum yang sudah ditambahkan gula. Hal ini dimaksudkan agar DOC dapat memperoleh energi dengan cepat. Perlu diketahui bahwa pasca penetasan dan selama perjalanan/ transportasi, DOC mengalami cekaman stres. Takaran gula yang diberikan adalah 20-50 gram per liter air untuk 6-8 jam pertama.

Lalu apakah pemberian air gula saja cukup? Ternyata tidak. Selain gula, Bapak juga perlu memberikan vitamin untuk meningkatkan stamina dan menambah nafsu makan. Contoh produknya adalah Vita Chick atau Strong n Fit. Jadi, setelah pemberian air gula dapat diteruskan dengan pemberian Vita Chick selama 3 hari, kemudian dilanjutkan dengan pemberian Strong n Fit yang mengandung L-carnitin sampai umur 7 hari. L-carnitin adalah sejenis asam amino yang berfungsi mempercepat penyerapan sisa kuning telur.

Idealnya pengiriman DOC dari penetasan ke kandang pemeliharaan tidak lebih dari 12 jam. Jika memungkinkan transportasi DOC paling lama 3 sampai 4 jam, lebih cepat sampai lebih baik. Lain halnya jika DOC yang datang berasal dari tempat yang jauh, misalnya menempuh perjalanan selama 24 jam atau lebih, maka pada kondisi itu sebaiknya Bapak langsung memberikan air gula yang sudah dicampur dengan vitamin (Vita Chick) selama 24 jam pertama. Selanjutnya dapat diberikan Strong n Fit sampai umur 7 hari.

Pada kondisi lain, misalnya ketika datang ternyata DOC terlihat kurang fit, maka Bapak dapat memberikan antibiotik (Neo Meditril) selama 1-3 hari. Hal ini sebagai langkah cleaning program, yaitu kegiatan pemberian antibiotik untuk membunuh bibit penyakit yang sedang dalam masa inkubasi (masa di mana bibit penyakit masuk ke dalam tubuh sampai menimbulkan gejala klinis). Pemberian antibiotik ini dilakukan pagi hingga sore hari dan boleh dicampur bersamaan dengan air gula, kemudian malam harinya DOC diberi vitamin.

 


Info Medion Edisi Agustus 2016

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Info Medion Online (http://info.medion.co.id).

Perlakuan pada DOC yang Baru Masuk Kandang
Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin