Bapak Aji

Makasar

 

Pada ayam layer ada potong paruh, apakah hal tersebut wajib dilakukan? Bila iya, disarankan pada umur berapa?

 

Jawab :

Potong paruh (debeaking) ada yang sudah dilakukan saat ayam masih DOC sehingga bukan merupakan hal wajib untuk dilakukan di peternakan, namun cukup bermanfaat untuk dilaksanakan jika saat DOC belum dilakukan potong paruh. Tujuan utama potong paruh pada ayam layer adalah untuk mengurangi kanibalisme dan meningkatkan efisiensi ransum. Sifat kanibalisme pada ayam dapat mengakibatkan penurunan produktivitas ayam karena adanya gangguan stress, perlukaan bahkan infeksi. Masalah kanibalisme yang sering terjadi antara lain ayam suka mematuk-matuk ayam lain yang berada dalam satu baterai terkadang hingga bulunya tercabut dan mematuk telur hingga tingkat telur pecah meningkat yang tentu saja akan mengurangi produktivitas. Akibat lain adalah rendahnya efisiensi ransum yang disebabkan karena ayam lebih suka memilih ransum yang butiran dan ransum yang lebih halus akan tidak dimakan. Hal ini tentu saja akan merugikan peternak secara materi karena tingginya biaya ransum yang perlu dikeluarkan untuk mencapai performa ayam yang baik.

 

Selama masa pemeliharaan di peternakan, debeaking pada ayam layer sebaiknya dilakukan saat ayam umur 9-10 hari dan tidak disarankan pada umur kurang dari 4 hari karena ayam masih rentan stress. Tipe debeaking yang dilakukan dapat berupa block debeaking yaitu pemotongan paruh yang menghasilkan paruh bagian atas dan bawah sama panjangnya, ataupun conventional debeaking yaitu pemotongan paruh yang menghasilkan paruh bagian atas lebih pendek. Pada umur 10 – 11 minggu (saat pindah ke kandang baterai) dapat dilakukan debeaking lagi bila paruh tumbuh kembali.

 

Masalah yang seringkali dihadapi saat debeaking adalah adanya stress dan penurunan nafsu makan setelah pemotongan paruh, bila tidak dilakukan dengan benar tentu saja akan mengakibatkan tidak tercapainya target pertumbuhan ayam. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat debeaking adalah sebagai berikut :

 

  1. Pastikan kondisi ayam sehat

    Sebaiknya debeaking dilakukan saat cuaca tidak terik (jam 4 – 5 sore)

  2. Pastikan feed intake hari tersebut telah dipenuhi sekitar 3/4 hingga sore hari, karena setelah debeaking nafsu makan ayam akan menurun

  3. Berikan air minum yang cukup dan mudah dijangkau agar ayam tidak dehidrasi

  4. Saat pemotongan, hindari perdarahan yang terlalu banyak pada paruh, bila terjadi perdarahan dapat dioleskan antiseptik seperti Neo Antisep pada paruh yang telah dipotong untuk menghentikan perdarahan dan mencegah infeksi

  5. Berikan vitamin yang mengandung elektrolit untuk mengurangi stress seperti Vita Stress

 

Debeaking merupakan salah satu “perlakuan paksa” pada ayam sehingga berpotensi menimbulkan stress yang tinggi. Perlakuan yang benar dan tidak kasar diharapkan akan mengurangi tingkat stress tersebut.

 


Info Medion Edisi Juni 2016

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Info Medion Online (http://info.medion.co.id).

 

Potong Paruh
Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin