Bapak Chairul

Cirebon – Jawa Barat

  1. Apakah boleh ransum ayam diberi air pada sore hari untuk menambah nafsu makan, karena nafsu makan ayam petelur saya berkurang?

  2. Kalau boleh tahu produk Medion apa saja yang mampu meningkatkan nafsu makan ayam, selama ini saya memakai Aminovit dan Fortevit (3 hari Fortevit, 3 hari air putih, 3 hari Aminovit) ?

 

Jawab :

Yth. Bapak Chairul, terima kasih atas pertanyaannya.

  1. Boleh, namun penambahan air pada ransum hanya dipercikkan secukupnya dan ditujukan untuk menghabiskan sisa jatah makan di pagi hari yang tidak habis saat jam 10. Air dapat dicampur terlebih dahulu dengan vitamin secukupnya. Tujuannya selain untuk meningkatkan aroma ransum juga untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks, C dan E. Namun yang perlu diperhatikan adalah :

Ransum harus dalam keadaan kering baru dipercikkan air, tujuannya untuk menghindari ransum yang terlalu basah.

Usahakan ransum yang sudah dipercikkan air segera habis, jangan sampai lebih dari 2-3 jam, karena terkait dengan pertumbuhan jamur (jamur tumbuh pada suhu 25 – 40° C, pH 5.5-7, kadar air >18% dan kelembaban sekitar 80%) dan mencegah datangnya lalat ke kandang. Setelah penambahan air jangan dibiarkan begitu saja, perlu dilakukan pembalikan ransum. Pastikan juga tidak ada sisa-sisa ransum basah pada tempat pakan.

  1. Terkait metode pemberian vitamin yang saat ini yang Bapak terapkan sudah cukup baik dan tidak akan menjadi masalah atau memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan ayam. Penggunaan Aminovit dan Fortevit secara langsung dapat meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki konversi ransum sehingga efisiensi ransum juga bertambah. Hal ini karena kandungan multivitamin dan asam amino yang terkandung pada Aminovit dan Fortevit akan menjaga kondisi tubuh ayam tetap prima dan sehat, sehingga nafsu makan ayam tidak akan terganggu bahkan dapat meningkat serta dapat mempercepat reaksi pemecahan dan penyerapan nutrisi.

    Multivitamin herbal Medion yang juga dapat meningkatkan nafsu makan adalah Kumavit. Kumavit mengandung zat aktif dalam ekstrak Curcuma yang dapat mempercepat proses metabolisme (pencernaan) nutrisi. Efeknya, lambung lebih cepat kosong dan nafsu makan ayam akan meningkat. Produk lainnya yang juga dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan adalah Top Mix. Digunakan 2-4 kg/10 kg ransum. Kandungan nutrisi mikro dalam Top Mix, terutama vitamin dan mineral sangat diperlukan dalam proses metabolisme tubuh ayam. Ketersediaan nutrisi mikro ini akan mengoptimalkan proses pemecahan zat nutrisi ransum yang akan diperlukan untuk produktivitas ayam, baik pertumbuhan maupun produksi telur. Kandungan asam amino, mineral dan vitamin akan membantu dalam pembentukan energi, meningkatkan nafsu makan dan perbaikan FCR. Yang perlu diperhatikan saat pemberian multivitamin adalah:

Berikan larutan vitamin yang selalu segar ke ayam. Larutan yang segar juga akan menarik ayam untuk segera minum, sehingga larutan cepat habis dan diharapkan manfaat vitamin akan segera terlihat.

Vitamin yang sudah dilarutkan dalam air harus segera habis maksimal 6 jam. Pada dasarnya vitamin dapat diberikan setiap hari saat ayam dalam kondisi normal. Meski begitu, vitamin juga dapat diberikan ketika ayam stres dan terserang penyakit untuk memulihkan stamina serta mempercepat proses penyembuhan.

Tempat minum ayam jangan sampai terkena sinar matahari atau panas brooder (pada masa awal pemeliharaan) langsung. Simpan vitamin di tempat yang kering, tertutup rapat dan terhindar dari panas atau sinar matahari langsung.

 

Secara umum penurunan nafsu makan disebabkan karena suhu lingkungan yang tinggi > 28-30°C, kandungan amonia kandang, gangguan hewan liar (ular, lalat, tikus, dll.) dan kurangnya palatabilitas ransum karena bentuk dan aroma dari ransum yang tidak menarik. Sehingga perlu dianalisis penyebab penurunan konsumsi ransum yang terjadi di farm Bapak.

 


 

Info Medion Edisi Januari 2017

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Info Medion Online (http://info.medion.co.id).

Menambah Nafsu Makan Ayam
Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin