Bapak Fahmi Hasan

Samarinda – Kalimantan Timur

Bagaimana kerja spesifik produk herbal Imustim?


Jawab :

Imustim merupakan suplemen herbal berbentuk cair dengan ekstrak herbal Andrographis paniculata yang berperan sebagai imunostimulan. Imunostimulan adalah bahan yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan. Imunostimulan digunakan untuk memelihara dan meningkatkan kekebalan tubuh serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang menurun pada ayam.

Selain itu, imunostimulan juga mampu meningkatkan sistem kekebalan pada kondisi imunosupresi (misalnya kondisi stres). Dengan demikian melalui pemberian imunostimulan, kekebalan atau daya tahan tubuh ayam selalu optimal.

Produk herbal yang sebagian besar berasal dari ekstrak tumbuhan, selama ini diketahui memiliki berbagai nutrisi dan zat bioaktif yang berkhasiat dan mampu berfungsi sebagai suplemen, antibakteri, antiparasit, maupun antiprotozoa. Produk herbal yang diperuntukkan bagi ternak memiliki kualitas yang baik, karena dinilai dari bahan baku yang digunakan. Terlebih pada obat herbal terstandar, pihak produsen sudah menggunakan bahan baku berupa ekstrak tanaman yang telah teruji dan terstandar produksinya.

Saat ini banyak peternak unggas yang telah memanfaatkan tanaman sebagai obat alami untuk ayam. Tujuan pemberiannya pun beragam, salah satunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh ternak atau sebagai imunostimulan.

Sistem kekebalan pada ayam terdiri dari beberapa lapisan benteng pertahanan, yaitu:

  1. Lapisan pertama berupa pertahanan non-spesifik eksternal: Kulit, membran mukosa, silia saluran napas, lendir/mukus.

  2. Lapisan kedua berupa pertahanan non spesifik internal: Sistem pertahanan yang akan langsung bereaksi ketika ada serangan bibit penyakit (virus, bakteri, atau mikroba lain) dari luar. Contohnya makrofag akan mengeliminasi agen penyakit.

  3. Lapisan ketiga berupa pertahanan spesifik: Sistem pertahanan yang baru bekerja ketika pertahanan non-spesifik tidak mampu melawan bibit penyakit.spesifik terhadap bibit penyakit tertentu, misalnya antibodi AI akan bekerja melawan virus AI saja.

Imustim bekerja dengan cara meningkatkan kekebalan spesifik dan non-spesifik:

  • Meningkatkan aktivitas sel darah putih (makrofag)

  • Meningkatkan jumlah antibodi yang beredar di dalam darah (kekebalan humoral) dan protein sitokin yang berada di sel-sel mukosa (kekebalan seluler)

Berdasarkan grafik tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemberian Imustim sebelum dan sesudah vaksinasi terbukti bekerja sebagai imunostimulan dengan mempercepat peningkatan titer antibodi hasil vaksinasi.

Imustim diberikan 0.5 – 1 ml per 2 liter air minum 3 hari berturut-turut sebelum dan setelah periode vaksinasi agar hasil vaksinasi lebih optimal.

Imustim aman digunakan untuk jangka panjang dan dapat dicampur langsung dengan obat atau vitamin. Ketika ada jadwal vaksinasi, sebaiknya Imustim diberikan secara terpisah dengan vaksin untuk memastikan kualitas dan potensi vaksin tetap terjaga. Namun begitu, Imustim bisa diberikan di hari yang sama dengan vaksinasi, tetapi di waktu yang berbeda. Misalnya pagi hari diberikan vaksin dan sore harinya diberikan Imustim. Jangan mencampur Imustim dengan desinfektan atau kaporit untuk memaksimalkan daya kerja zat aktif di dalam Imustim. Air yang mengandung desinfektan atau kaporit tetap harus diendapkan 6 jam terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mencampur obat, vitamin, serta Imustim.

Selain untuk mengoptimalkan hasil vaksinasi, Imustim juga bisa diberikan saat ayam terserang penyakit guna mempercepat proses pemulihan kesehatan. Pemberiannya dilakukan selama 5 hari berturut-turut ketika ayam terlihat dalam kondisi lemah atau sakit. 

Cara Kerja Imustim

Produk Unggulan

x
Subscribe To Our Newsletter
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin