Waspada Hadapi Gumboro di Kandang

Info-Medion-edisi-Desember-2021-1

Gumboro Masih Mengincar

Penyakit Gumboro atau IBD (infectious bursal disease) merupakan salah satu penyakit ayam yang kerap membuat peternak kebingungan. Pasalnya, penyebaran penyakit tersebut sangat cepat sehingga perlu kesigapan dalam menghadapinya. Sesuai namanya, penyakit yang pertama kali ditemukan di Gumboro, Delaware, Amerika Serikat ini akan menginfeksi bursa Fabricius pada ayam. Karena bursa Fabricius terinfeksi, maka fungsinya sebagai pabrik penghasil antibodi tidak berjalan. Alhasil, jumlah antibodi yang diproduksi di dalam tubuh ayam pun akan berkurang.

Salah satu masalah yang perlu dikhawatirkan dari infeksi Gumboro adalah adanya shedding virus ke lingkungan luar bersamaan dengan feses, pasca virus menginfeksi bursa Fabricius. Keberadaan virus Gumboro di lingkungan inilah yang nantinya akan menginfeksi ayam baru dan menjadi asal mula siklus Gumboro. Menyadari hal tersebut, maka langkah-langkah terbaik untuk memutus siklus Gumboro yang lebih lengkapnya akan tersaji dalam rubrik Artikel Utama Info Medion edisi Desember 2021. Mulai dari rangkuman data kejadian Gumboro di lapangan, hingga beberapa contoh kasus dan cara pengendalian serta pencegahannya dengan upaya semaksimal mungkin.

Pada rubrik Suplemen, tim redaksi mengangkat topik baru mengenai terapi suportif dalam penanganan terjadinya Gumboro secara tepat. Tidak lupa dengan rubrik lain yang menarik, ringan, namun tetap informatif.

Mari bersama-sama kita sambut tahun 2022 dengan optimisme dan semangat baru dalam memajukan usaha peternakan di Indonesia. Kami ucapkan selamat Natal dan Tahun Baru 2022. Selamat membaca dan sukses selalu.

Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin