Mengenal Penyakit Fowl Cholera pada Unggas

Info-Medion-edisi-Mei-2024

Fowl Cholera Mulai Mengancam

Avian Pasteurellosis atau Fowl Cholera merupakan penyakit bakteri menular yang disebabkan bakteri Pastereulla multocida. Penyakit ini menyebabkan kerugian tinggi seperti mortalitas mencapai 0-20%, peningkatan FCR, kualitas karkas menurun, serta berat badan tidak seragam. Kasus kolera biasanya dipicu berbagai faktor penyebab seperti stres, kandang yang terlalu padat, kelembapan tinggi, sirkulasi udara tidak lancar, perubahan cuaca ekstrem, dan kontaminasi pada air minum. Penularan secara horizontal melalui kontak langsung dengan ayam sakit atau carrier maupun tidak langsung melalui peralatan, pakan dan air minum. Hal tersebut akan menjadi kekhawatiran peternak, maka wajib untuk kita melakukan langkah-langkah antisipasi dalam mencegah terjadinya kasus kolera serta upaya pengendalian manajemen demi keberlangsungan usaha peternakan unggas. Tentunya Medion juga selalu berupaya mengikuti perkembangan kasus kolera di Indonesia.

Bahasan lebih detail mengenai penyakit kolera yang sedang meningkat ini akan kami angkat pada artikel utama Info Medion edisi Mei 2024 dengan judul “Mengenal Penyakit Fowl Cholera pada Unggas”. Untuk melengkapi artikel utama, kami berikan pula artikel suplemen yang membahas informasi pentingnya menerapkan pengobatan ayam yang tepat dan bijak agar penyembuhan penyakit ayam lebih optimal.

Tidak lupa juga kami sediakan rubrik konsultasi teknis, ragam ternak, peristiwa, beserta informasi-informasi lain yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Akhir kata, selamat membaca! Sukses selalu.

Subscribe To Our Newsletter
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin