Setiap bulan Januari, Indonesia memperingati Bulan Gizi Nasional sebagai pengingat bagi masyarakatnya untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi terbaik demi menjaga kesehatan dan mengoptimalkan potensi tubuh yang prima. Sayangnya, pola hidup yang serba cepat membuat masyarakat melupakan pentingnya menjaga keseimbangan gizi dan nutrisi dalam tubuh sehingga imun melemah dan kesehatan tubuh menurun. Hal ini dapat diatasi dengan beberapa tips berikut ini:

  1. Mengonsumsi 4 sehat 5 sempurna
    Kampanye 4 sehat 5 sempurna yang digalakkan sejak tahun 1955 ini dibuat agar kita bisa memahami pola makan yang benar meliputi 5 unsur, yakni karbohidrat sebagai makanan pokok, lauk pauk sebagai asupan protein, sayur-mayur sebagai asupan serat, buah-buahan sebagai asupan vitamin, dan susu yang bisa melengkapi gizi dan nutrisi ke empatnya. Mengonsumsi makanan dengan komposisi seimbang seperti ini setiap hari dapat memperlancar metabolisme tubuh dan menjaga daya tahan tubuh Anda tetap optimal
  2. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi
    Makanan yang kaya nutrisi dapat diperoleh dari sumber hewani maupun nabati, dengan catatan tidak diolah dengan proses yang instant. Contohnya seperti daging sapi sebagai sumber protein utama dari hewani atau tahu/tempe sebagai sumber protein nabati. Selain itu, pilihlah kudapan sehat seperti almond, kacang kenari, kacang walnut, kacang edamae, dsb. Selektif dalam menkonsumsi makanan akan membantu tubuh terbiasa menyerap nutrisi baik untuk mengoptimalkan kesehatan Anda.
  3. Makan dalam porsi yang sesuai
    Sudah menjadi kebiasaan kebanyakan masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat utama. Namun sayangnya, porsi yang tidak seimbang dengan lauk dan sayur yang berguzi membuat tubuh menjadi kelebihan asupan karbohidrat. Kelebihan ini dapat menimbulkan beragam penyakit mulai dari penyakit gula hingga obesitas. Biasakan mengatur porsi menu makan Anda minimal dengan perbandingan 1:1:1 antara nasi, lauk, dan sayur. Hindari kebiasaan “belum makan nasi artinya belum makan”, karena sumber karbohidrat bukan hanya didapatkan dari nasi, namun terdepata beberapa alternatif yang baik seperti jagung, roti, dsb.
  4. Makan tiga kali sehari
    Atur pola makan Anda setiap hari menjadi 3 bagian; pagi antara pukul 06.00-08.00, siang antara pukul 12.00-14.00, dan malam antara pukul 18.00-20.00. Membiasakan diri untuk makan dengan pola yang teratur dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi dan menjaga metabolisme dalam tubuh dengan baik.

Sumber : http://www.liputan6.com

Menjaga Keseimbangan Gizi dan Nutrisi dalam Tubuh
Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin