Nur Kholis

Email : antasenajaka@gmail.com

Kandang yang berada di daerah dataran tinggi sering dijumpai suhu lantai kandang sangat dingin (<28°C) karena tingkat kelembapan yang tinggi. Mohon pencerahan bagaimana cara untuk mensiasati kondisi tersebut agar ayam tetap nyaman? Terimakasih

Jawab:

Terima kasih Bapak Nur Kholis untuk pertanyaannya. Karakteristik lingkungan di dataran tinggi dengan suhu rendah serta kelembapan yang tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi peternak, khususnya pada pemeliharaan fase brooding. Suhu dan kelembapan di dalam kandang harus kita jaga agar tetap stabil sesuai dengan kebutuhan ayam sehingga ayam akan merasa nyaman.

Pada saat suhu lingkungan rendah, maka yang pertama kali perlu kita perhatikan yaitu kesesuaian jumlah pemanas dengan populasi ayam. Karena apabila jumlah pemanas saja tidak sesuai kebutuhan, tentunya panas yang dihasilkan juga tidak akan maksimal. Pemanas Indukan Gas Medion (IGM) dapat memanaskan 750 – 1000 ekor ayam untuk setiap unitnya, sedangkan pemanas Super Saver dapat memanaskan sampai 10.000 ekor. Setelah kita yakin bahwa jumlah pemanas di kandang sudah sesuai, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu pengaturan pemanas. Untuk menghasilkan panas yang maksimal, regulator IGM dapat kita setting di angka 6 – 8. Ada beberapa cara lain yang biasa dilakukan oleh peternak untuk mengoptimalkan panas dari IGM, salah satunya dengan cara menyatukan selang dari dua tabung gas 12 kg dan menghubungkannya dengan 4 buah IGM. Cara ini akan menghasilkan panas yang lebih stabil dan meminimalkan kejadian sisa gas di dalam tabung.

Penggunaan pemanas Super Saver pada closed house, kita dapat melakukan setting heater menyala lebih sering dengan cara menurunkan selisih suhu dari set point (0,5°C). Pada pemeliharaan masa brooding di kandang closed house, untuk menurunkan kelembapan yang masuk ke dalam kandang dapat menggunakan bantuan tirai blocking. Dengan menggunakan tirai blocking ini diharapkan kelembapan di udara yang masuk ke dalam kandang brooding akan berkurang. Dan penambahan IGM diantara tirai blocking juga akan menurunkan kelembapan udara yang masuk. Pengaturan sistem ventilasi juga perlu dilakukan dengan baik sehingga kelembapan udara bisa dikeluarkan dari kandang.

Mensiasati kondisi kandang nyaman di dataran tinggi

Produk Unggulan

x
Subscribe To Our Newsletter
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin