Sakit kepala adalah gangguan kesehatan yang kerap dialami orang-orang. Mulai dari pusing ringan hingga migrain yang sangat menyakitkan. Seperti apapun levelnya, sakit kepala dapat mengganggu aktivitas. Dilansir dari merdeka.com, berikut beberapa cara untuk meredakan sakit kepala

 


Minum banyak air

Dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Karena itu, cukupi kebutuhan air dalam tubuh ketika sakit kepala menyerang. Namun jangan mengonsumsi minuman yang bersifat diuretik seperti teh atau kopi, sebab minuman tersebut mendorong produksi urin yang berarti menyedot cairan tubuh.


Pijat kepala

Pijatlah kepala dengan lembut ketika sakit kepala menyerang. Lakukan selama 7-15 detik, kemudian lepaskan. Ulangi hingga sakit kepala mereda. Memijat membantu mengurangi ketegangan otot kepala dan meningkatkan sirkulasi darah.


Terapkan pola makan sehat seimbang

Waktu makan yang tidak teratur dan pola yang tidak seimbang dapat membuat sakit kepala. Otak membutuhkan glukosa dan kekurangan glukosa dari makanan dapat menyebabkan hipoglikemia yang membuat sakit kepala. Jadi waktu makan harus diatur dengan interval yang tepat untuk berfungsinya metabolisme tubuh.


Tidur dengan benar

Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan sakit kepala. Demikian pula dengan waktu tidur yang kurang. Karena itu tidurlah dengan benar, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

 

Istirahat sebentar

Jika sedang lelah, tidak ada salahnya beristirahat sebentar. Tutup mata dan cobalah untuk melepaskan ketegangan dan tekanan pada punggung, leher, dan bahu yang dapat membuat sakit kepala.


Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat mampu mengendurkan otot-otot di kepala dan leher, sehingga aliran darah menjadi lebih baik. Hasilnya, sakit kepala pun akan hilang.


Hirup udara segar

Bernapas secara mendalam dengan menghirup udara segar juga membantu mengurangi sakit kepala. Bahkan bisa menjadi obat yang efektif untuk sakit kepala.


Daripada mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan sakit kepala, cobalah cara alami di atas. Dengan demikian asupan bahan kimia dapat diminimalisir.

 

Cara Efektif Redakan Sakit Kepala Tanpa Obat

Produk Unggulan

x
Subscribe To Our Newsletter
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin