Kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus mendapatkan kualitas tidur yang baik. Berikut tips untuk meningkatkan kualitas tidur.

  1. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum sebelum tidur

    Hindari tidur ketika Anda merasa lapar, karena dapat membuat tidur menjadi kurang nyaman dan terbangun tengah malam. Hindari juga makan mendekati waktu tidur, sebaiknya makanlah 4 jam sebelum tidur, karena membuat kondisi perut tenang saat tidur. Selain itu, batasi konsumsi air sebelum tidur, terlalu banyak minum air sebelum tidur dapat membuat Anda terbangun tengah malam karena ingin buang air kecil. Sebaiknya hindari pula konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, soda, teh, dan cokelat.

  2. Buat kondisi kamar nyaman

    Kamar yang tenang dan sejuk dapat membantu tidur lebih nyaman. Salah satunya dengan membuat kamar menjadi gelap, suasana gelap dapat memberi sinyal ke otak bahwa ini waktunya tidur. Pastikan juga kasur dan bantal yang digunakan bersih dan nyaman. Jika Anda berbagi tempat tidur, pastikan Anda mendapat ruang yang cukup untuk tidur.

  3. Lakukan kebiasaan sebelum tidur

    Anda bisa melakukan hal-hal yang membuat santai dan merasa mengantuk sebelum beranjak tidur, seperti mandi, membaca buku, mendengarkan musik, atau melakukan olahraga ringan. Sebaiknya kurangi menonton TV sebelum tidur, karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat mengganggu tidur Anda. Hindarilah aktivitas yang menimbulkan stres, seperti bekerja atau membahas masalah yang dapat memicu emosi Anda. Aktivitas yang menimbulkan stres secara fisik dan psikologis dapat membuat tetap waspada dan tidak mengantuk.

  4. Buat jadwal tidur yang rutin

    Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Selain itu, hal ini juga dapat mengatur jam internal tubuh Anda, sehingga tubuh dengan sendirinya mengetahui kapan seharusnya tidur dan bangun.

  5. Batasi waktu tidur siang Anda

    Tidur siang yang lama dapat mengganggu tidur malam Anda, terutama bagi yang mempunyai insomnia. Jika ingin tidur siang, sebaiknya batasi sekitar 1 -2 jam, bahkan bisa jadi Anda tidak memerlukan tidur siang sama sekali jika itu adalah penyebab Anda tidak dapat tidur di malam hari.

  6. Lakukan olahraga teratur

    Olahraga teratur dapat membantu Anda lebih cepat tertidur. Sebaiknya lakukan olahraga setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur. Hindarilah olahraga berat karena olahraga berat dapat merangsang tubuh Anda untuk melepaskan hormon stres yang dapat membuat tetap terjaga dan tidak mengantuk.

Sumber : http://hellosehat.com

Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

Produk Unggulan

x
Subscribe To Our Newsletter
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin