Indonesia dikenal kaya akan hasil bumi dan ragam budayanya. Hal tersebut terlihat dari berbagai olahan makanan yang khas dari daerahnya masing-masing, termasuk olahan bebek. Terdapat beragam jenis olahan bebek yang menggugah selera dan wajib dicoba bagi Anda penggemar bebek. Berikut diantaranya :

  • Bebek Ireng

    Sesuai namanya, sajian bebek yang satu ini memiliki tampilan gelap dan hitam. Bebek ireng adalah hidangan bebek khas Madura yang dimasak hingga warnanya menghitam. Ketika disajikan, daging bebek ireng akan mudah dilepas dari tulangnya, teksturnya lembut dan rasanya gurih.

  • Bebek Songkem

    Hidangan bebek yang satu ini dinilai lebih sehat, karena dimasak tanpa minyak yaitu hanya dikukus dengan daun pisang. Dagingnya empuk dan bumbu pedasnya meresap hingga ke tulang. Kata songkem sendiri berasal dari bahasa Madura yang berarti “bersujud”. Jika diperhatikan, bebek songkem yang memakai bebek utuh ini perlu dilipat sedemikian rupa hingga kepala bebeknya menunduk seakan sedang bersujud.

  • Itiak Lado Mudo

    Itiak lado mudo berasal dari bahasa Minang yang berarti “bebek cabai hijau”, sesuai namanya olahan bebek ini dimasak dengan cabai hijau yang sangat pedas. Olahan ini menggunakan daging bebek muda yang dimasak dengan bumbu cabai hijau lalu dilengkapi dengan cacahan mentimun segar dan bawang merah.

  • Sie Itek atau Gulee Itek

    Sie itek adalah sajian bebek dengan kuah bersantan kental seperti kari atau gulai dengan aroma rempah yang sangat khas. Ada dua tampilan hidangan khas Aceh ini, yakni berkuah putih dan merah kecoklatan. Sie itek putih tidak pedas namun cenderung menonjolkan rasa kemiri, sedangkan sie itek merah memiliki rasa pedas karena menggunakan cabai dan merica.

Sumber : http://resepkoki.id

Hidangan Bebek Khas Nusantara

Produk Unggulan

x
Subscribe To Our Newsletter
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin