Solusi Closed House Menghadapi Pasang Surut Budidaya Ayam Broiler

Jika kita berbicara mengenai manajemen pemeliharaan ayam khususnya ayam pedaging (broiler) maka tidak akan bisa terlepas dari target bobot badan. Kita semua sepakat bahwa target bobot badan yang tercapai di tunjang dengan manajemen pemeliharaan yang baik. Pencapaian tersebut tentu saja akan menimbulkan beberapa konsekuensi bagi ayam. Ayam akan lebih mudah stres, peka tehadap lingkungan dan rentan terhadap penyakit. Maka dari itu, kita sebagai peternak perlu mengantisipasi turunnya performa ayam sejak awal pemeliharaan.

Iklim tropis di Indonesia yang temperaturnya fluktuatif dengan kelembapan yang tinggi dapat memicu stres pada ayam broiler dan menghambat laju pertumbuhan. Kandang closed house dirancang sedemikian rupa sehingga udara hanya mengalir dari pengaturan ventilasi khusus. Sistem kerja ventilasi tersebut dicapai dengan mengatur jumlah kipas yang menyala dan durasinya sehingga dapat menyediakan udara segar dan lingkungan nyaman untuk ayam, mengeluarkan udara kotor (Co₂, amoniak, H₂S, CH₄, dll.) dari dalam kandang, mengontrol temperatur dan kelembapan dalam kandang, serta mengeluarkan partikel debu, kuman agen patogen dari dalam kandang. Ayam akan merasa lebih nyaman dan bisa tumbuh lebih optimal. Dalam artikel utama Info Medion edisi Agustus 2019 kali ini membahas kembali lebih dalam mengenai penerapan kandang closed house sebagai alternatif yang mampu menciptakan kondisi nyaman bagi ayam broiler.

Pada rubrik Suplemen kami memberikan informasi kepada para peternak sapi mengenai cara mencegah gejala kembung pada ternak ruminansia. Bloat atau kembung pada sapi merupakan salah satu kasus yang cukup sering terjadi dan membutuhkan penanganan serius karena bisa sampai menyebabkan kematian. Hal tersebut harus dicegah agar tidak menimbulkan kerugian tinggi. Selain artikel utama dan suplemen, tak lupa kami berikan pula rubrik menarik lainnya dalam sajian rubrik khusus, konsultasi teknis, info harga daging dan telur, serba serbi dan peristiwa.

Selamat membaca. Sukses selalu.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to get Latest Information!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin