Bapak Wildan

Palembang – Sumatera Selatan

Bagaimana pengaruh air yang diberi kaporit terhadap kesehatan ayam?

Jawab :

Yth. Bapak Wildan, terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Pemberian kaporit memang memiliki efek terhadap air minum diantaranya akan meningkatkan pH air karena kaporit bersifat basa. Rasa dan bau air minum juga akan berubah sehingga menurunkan nafsu minum ayam. Agar dapat menunjukkan hasil maksimal harus diberikan sesuai dosis yang tepat. Dosis kaporit yang disarankan adalah 12–20 gram per 1000 liter air. Jika kaporit/klorin digunakan terus menerus, maka ayam bisa mengalami iritasi saluran pencernaan dan mikroba menguntungkan dalam saluran pencernaan bisa mati. Oleh sebab itu, air yang mengandung kaporit/klorin harus didiamkan terlebih dahulu ±20 menit sebelum diberikan ke ayam. Tetapi, jika akan dilakukan vaksinasi, air berkaporit tersebut harus didiamkan dulu selama 24 jam sebelum digunakan untuk melarutkan vaksin. Setelah itu bisa ditambahkan Medimilk 10 gram tiap 5 liter air. Biarkan selama 15-30 menit, baru campurkan vaksin ke dalamnya. Pemberian air berkaporit dapat dilakukan mulai dari DOC sampai ayam dewasa untuk meminimalisir bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh ayam. Selain kaporit, dapat pula diberikan antiseptik Desinsep dengan dosis 30 ml per 1000 liter air, biarkan selama 15-30 menit agar zat aktif bekerja.

Agar daya kerja desinfeksi air lebih optimal dapat didukung juga dengan cara :

  • Pastikan pipa air minum bersih dari bahan-bahan organik seperti biofilm maupun sisa obat dan vitamin. Tujuannya agar zat aktif kaporit bisa kontak dengan bakteri E. Coli.
  • Bak penampung/torn air (tempat pencampuran kaporit) harus ditutup rapat dan tidak terkena sinar matahari langsung sehingga efektivitas kaporit/antiseptik tidak turun.
  • Pastikan suhu kandang saat masa brooding tidak terlalu panas (panas berlebihan), karena suhu panas bisa menurunkan kerja kaporit yang terlarut di air minum ayam. Suhu yang terlalu panas juga bisa menyebabkan anak ayam di masa brooding tidak bernapas dengan baik dan akhirnya mengalami hidrops ascites.
  • Saat terjadi outbreak penyakit, pemberian antiseptik dapat dilakukan malam hari setelah pengobatan selesai dilakukan. Yang perlu diperhatikan pula saat program sanitasi air yaitu waktu kontak antiseptik di air, terutama jika menggunakan klorin atau chloramine T minimal didiamkan selama 15-30 menit baru kemudian diberikan ke ayam.
  • Bersihkan drinker dengan desinfektan Medisep secara rutin 2 kali sehari untuk meminimalkan bibit penyakit yang menempel. Untuk tempat minum nipple drinker, sebaiknya flushing rutin segera setelah pemberian vitamin, vaksin dan obat yang aplikasinya lewat air minum, menggunakan hidrogen peroksida (H₂O₂) dengan dosis 15-20 mg/liter air atau 10-15 ml/100 liter air atau bisa menggunakan asam sitrat dengan dosis 1,5-2 gram/liter.
  • Lakukan pengecekan kualitas air minum secara rutin ke Laboratorium Medion (MediLab) minimal 3 bulan sekali atau saat perubahan cuaca.
Pengaruh Air yang Diberi Kaporit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin