Bapak Winarto

Blitar – Jawa Timur

Untuk melakukan vaksinasi AI via injeksi dengan populasi 100 ekor apa saja kira-kira yang diperlukan? Sebagai contoh vaksin yang digunakan apakah sama dengan vaksin yang digunakan untuk air minum? Apa saja campurannya dan untuk satu ekor ayam berapa dosisnya?

Jawab :

Yth. Pak Winarto, terimakasih atas pertanyaannya. Vaksin Medivac AI merupakan vaksin inaktif yang berbentuk emulsi, yang virus vaksinnya sudah dimatikan namun masih dapat menggertak pembentukan antibodi. Medivac AI diberikan pada ayam dengan cara suntikan intramuskuler (tembus daging/otot) di paha/dada atau subkutan (bawah kulit) di leher bagian belakang sebelah bawah. Dalam melakukan vaksinasi menggunakan vaksin inaktif secara injeksi, penyuntikan dapat menyesuaikan dengan umur ayam. Aplikasi injeksi subkutan bisa dilakukan pada anak ayam, sedangkan injeksi melalui intramuskuler bisa dilakukan pada ayam dewasa.

Sebelum melakukan vaksinasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  1. Persiapan peralatan
  • Dalam melakukan vaksinasi, peralatan yang digunakan yaitu Alat Suntik Socorex (ASS) yang merupakan alat suntik otomatis untuk vaksinasi ayam, selain menggunakan ASS, apabila vaksinasi dilakukan untuk jumlah populasi ayam yang sedikit, penyuntikan bisa menggunakan disposable syringe steril. Sebelum menggunakan alat suntik, perlu dilakukan sterilisasi pada alat suntik termasuk jarum suntiknya dengan cara dimasak dalam air mendidih selama 30 menit (dihitung setelah air mulai mendidih).
  • Memastikan kondisi jarumnya masih tajam dan mempersiapkan jarum cadangannya.
  • Pemakaian alat suntik terutama jarum saat vaksinasi suntik yang tidak steril dapat menyebabkan peradangan pada area bekas penyuntikan. Kerusakan pada alat suntik juga mempengaruhi ketepatan/keseragaman dosis yang diterima ayam.

2. Membawa vaksin ke lokasi farm

Pemeriksaan kondisi vaksin yang akan kita bawa ke lokasi kandang perlu dilakukan. Pastikan vaksin tersebut berkualitas baik. Selain itu saat membawa vaksin ke lokasi farm, kondisi vaksin harus sama dengan kondisi penyimpanan vaksin, yaitu di suhu 2-8°C dan terhindar dari sinar matahari langsung karena vaksin yang tidak disimpan pada suhu tersebut akan rusak. Untuk mencegah hal tersebut maka vaksin perlu dibawa menggunakan cooler box atau termos es untuk mempertahankan suhu di 2-8°C.

3. Persiapan memulai vaksinasi

Thawing atau proses meningkatkan suhu vaksin secara bertahap menjadi proses persiapan sebelum vaksinasi. Tujuan thawing adalah mengkondisikan suhu vaksin yang sebelumnya 2-8°C mendekati ke suhu tubuh ayam (41°C) dengan cara digenggam sampai vaksin tidak terasa dingin lagi, yaitu di sekitar 25-27°C. Thawing dilakukan untuk mencegah ayam stres akibat perubahan suhu yang mendadak dan supaya vaksin terserap secara sempurna di dalam tubuh ayam.

Sebelum memulai vaksinasi, kita juga perlu memastikan kondisi ayam yang akan divaksin dalam keadaan sehat. Jika terindikasi ayam sakit maka jadwal vaksinasi hendaknya ditunda dan segera menangani gejala yang timbul.

Dosis yang diberikan untuk vaksinasi Medivac AI tiap ekor ayam kecil yaitu 0,2 ml sedangkan untuk ayam dewasa 0,5 ml. Jika populasi ayam 100 ekor, maka kebutuhan vaksinnya yaitu :

untuk ayam kecil 0,2 ml x 100 ekor = 20 ml

untuk ayam dewasa 0,5 ml x 100 ekor = 50 ml

Saat ini tersedia vaksin AI dengan kemasan terkecil 25 ml (Medivac AI 25 ml), sehingga bisa diberikan untuk 100 ekor ayam kecil atau pada ayam dewasa bisa menggunakan 2 botol Medivac AI 25 ml.

Tatacara Vaksinasi AI
Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin