Medion secara rutin mengadakan kompetisi pelajar dan mahasiswa. Kompetisi tersebut dinamakan Medinnovation yang bertujuan untuk menyediakan wadah bagi siswa dan mahasiswa, agar dapat mengembangkan kompetensinya terkait inovasi. Khususnya terkait teknologi industri dalam sektor peternakan, yang bisa diaplikasikan di dunia industri.

Medinnovation 2020 mengangkat tema terkait inovasi otomasi industri dalam sektor peternakan unggas dan sapi. Dari tema tersebut, terbagi menjadi 5 kategori :

  1. Teknologi Pakan
  2. Teknologi Peternakan
  3. Optimalisasi Pemanfaatan Limbah Hasil Ternak
  4. Pengolahan Hasil Ternak
  5. Eco Green Farm

Sebelum pelaksanaan kompetisi, Medion mengadakan kegiatan Open House untuk memberikan edukasi sekaligus memberikan gambaran mengenai dunia industri yang akan menjadi dasar ide inovasi para peserta tersebut. Kegiatan itu dilaksanakan pada tanggal 4 dan 15 Desember 2020 yaitu dengan mengundang pihak sekolah dan perguruan tinggi ke Medion (sebelum pandemi COVID-19).

Setelah itu, para peserta diminta untuk mengirimkan proposal. Peminat kompetisi ini cukup banyak, yaitu berjumlah 274 orang yang dibagi ke dalam 75 tim. Setelah proposal terkumpul, juri memilih 5 tim tingkat siswa dan 5 tim tingkat mahasiswa yang menjadi finalis.

Pada awalnya seluruh finalis akan melakukan presentasi langsung di Medion pada tanggal 23-24 Maret 2020, namun dikarenakan adanya pandemi COVID-19, maka pelaksanaan diadakan secara virtual untuk melindungi seluruh pihak baik akademisi dan perusahaan dari resiko penyebaran virus tersebut.

Medion tetap berupaya mengoptimalkan acara tersebut dengan menggunakan metode virtual untuk video dan sesi tanya jawab yang dilaksanakan pada 21 September 2020 yang dihadiri oleh finalis, dosen/guru pembimbing, panitia, juri dan tamu undangan.

Acara tersebut dirasakan sangat bermanfaat oleh para peserta, seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta yaitu Ajid Alfaruki. Ajid mengaku acara Medinnovation ini sangat bagus karena para generasi muda diajak berpikir kreatif untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dibidang peternakan. Ia pun berharap kedepannya program ini dapat terus berjalan dan melahirkan inovasi baru untuk memajukan sektor peternakan Indonesia.

Medinnovation, Kompetisi Inovatif
Tagged on:     
Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin