Ibu Ymageti – by email

Karena di siang hari suhu udara tinggi dan kelembapan rendah. Apakah boleh untuk melakukan penyemprotan ke badan ayam di siang hari untuk mengantisipasi terjadinya heat stress? Atau justru bisa menambah potensi stres pada ayam? Terimakasih.

Jawab:

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Suhu udara yang tinggi rentan membuat ayam mengalami heat stress. Kondisi tersebut mengakibatkan ayam tidak mampu untuk menyeimbangkan antara produksi dan pembuangan panas tubuhnya. Perlu diketahui bahwa zona nyaman (comfort zone) ayam berada pada kisaran suhu 25-28°C dengan kelembapan 60-70%. Pada suhu 33°C selama beberapa jam dapat menyebabkan kematian pada unggas.

Penanganan heat stress dapat dimulai dari mengatasi suhu tinggi di lingkungan kemudian mendukung kondisi ayam yang menurun karena heat stress. Hal tersebut tentunya didukung dengan perbaikan manajemen lingkungan dan pemberian pakan yang sesuai kebutuhan untuk menjaga ayam tidak menghasilkan panas berlebih dari tubuhnya.

Tindakan untuk mengatasi suhu udara yang tinggi dengan penyemprotan ke badan ayam secara langsung tidak direkomendasikan karena dapat menyebabkan ayam semakin stres. Selain itu, air yang telah disemprotkan ke tubuh ayam akan jatuh dan membasahi lantai kandang sehingga dapat menjadi risiko peningkatan kelembapan dan kadar amonia dalam kandang. Berikut adalah beberapa cara lain yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi heat stress :

  • Memberikan air minum dingin dengan suhu 20 – 24°C

Air dingin dapat digunakan untuk membantu ayam menstabilkan suhu tubuh ayam saat udara lingkungan tinggi. Saat suhu tinggi nafsu minum ayam meningkat drastis, bahkan jika suhu mencapai 32°C konsumsi air minum bisa meningkat 50%. Atur pula distribusi tempat air minum (TMA Medion) dan kontrol ketersediaan air secara berkala (terutama jika menggunakan TMA Medion manual). Jika perlu tambah jumlah TMA Medion sehingga tidak mempersulit ayam untuk menjangkaunya.

  • Lakukan penjarangan ayam

Penjarangan dalam satu kandang bertujuan untuk mengurangi kepadatan sehingga ayam lebih merasa nyaman, tidak terlalu panas dan padat. Selain itu, ayam juga dapat dengan leluasa meradiasikan panas dari dalam tubuhnya ke lingkungan. Contoh pelepasan panas dengan radiasi ialah ayam merenggangkan atau melebarkan sayapnya. Pada ayam umur < 14 hari, pelebaran sekat kandang juga dapat dilakukan untuk mengurangi kepadatan kandang. Saat heat stress kepadatan kandang dapat dikurangi 10%.

  • Sesuaikan perlakuan dengan kondisi lingkungan

Saat udara lingkungan sedang tinggi jangan melakukan vaksinasi, potong paruh (debeaking) atau perlakuan lain karena hal ini dapat lebih memperparah kondisi heat stress. Kegiatan seperti di atas dapat dilakukan saat cuaca sejuk atau mulai sore hari.

  • Sesuaikan pemberian ransum

Sebaiknya tidak memberikan ransum pada siang hari saat kondisi suhu sedang tinggi. Manajemen pemberian pakan yang dapat dilakukan adalah dengan memberi 1/3 ransum pada pagi hari, kemudian 2/3 ransum pada waktu menjelang sore.

Jika feed intake dari pemberian pakan masih kurang, maka peternak bisa menerapkan midnight feeding atau pemberian makan tengah malam. Midnight feeding dilakukan dengan teknik pemberian cahaya (menyalakan lampu) selama 1–2 jam di tengah malam, yaitu pukul 12.00–02.00 malam. Dengan teknik ini mampu meningkatkan konsumsi ransum ayam sebanyak 2-5 gram per ekornya

  • Berikan vitamin dan elektrolit

Berikan terapi suportif dengan memberikan vitamin seperti Vita Chicks, Vita Stress atau Fortevit untuk meningkatkan stamina tubuh ayam dan suplemen herbal Imustim untuk meningkatkan kekebalan tubuh ayam.

Menangani Suhu Tinggi di Siang Hari pada Kandang Ayam
Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin