Ayam laga merupakan ayam jantan dengan ciri fisik dan karakter yang cocok dipelihara khusus untuk ditandingkan. Ayam laga yang tangguh, agresif dan bertenaga menjadi idaman bagi para penghobi. Sejak umur 6 – 8 bulan ayam sudah bisa dilatih dan pada umur 9 bulan sudah siap untuk ditandingkan.

Ayam laga yang sudah siap ditandingkan memiliki ciri-ciri :

  • Kulit berwarna merah segar pada bagian kepala, paha, dada dan sela-sela kaki
  • Mempunyai stamina yang bagus
  • Tahan diadu sampai 15 – 20 menit setiap rondenya
  • Napas tidak mudah terengah-engah
  • Bulu mengkilat/bersinar
  • Lincah dan agresif

Perawatan saat Musim Hujan

Untuk memperoleh ayam laga unggul maka dibutuhkan perawatan yang ekstra. Perawatan tersebut diperlukan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina yang sangat dibutuhkan saat bertanding. Namun perawatan tersebut sering terkendala oleh adanya musim hujan yang berkepanjangan.

Musim hujan selalu memberikan tantangan kepada penghobi dalam pemeliharaan ayam laga, seperti adanya angin kencang, curah hujan yang tinggi, kelembapan kandang yang tinggi, suhu rendah serta kualitas air yang menurun. Tantangan tersebut membuat ayam laga rentan terhadap serangan penyakit dan menurunkan stamina.

Supaya kesehatan dan stamina ayam laga tetap terjaga terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan seperti :

  • Jaga kebersihan ayam dan kandang

Saat musim hujan, ayam perlu dijaga kebersihannya dengan cara dimandikan. Waktu pagi hari saat sinar matahari cerah adalah waktu yang tepat untuk memandikan ayam laga, kemudian ayam dapat dijemur. Apabila sedang mendung maka tubuh ayam cukup dibersihkan dengan cara dilap saja.

Sanitasi kandang juga perlu dilakukan seperti membersihkan feses dan melakukan semprot kandang dengan Medisep atau Antisep. Hal ini bertujuan untuk membunuh bibit penyakit di lingkungan. Selain itu perlu menjaga sirkulasi udara di dalam kandang yang baik serta menjaga kandang tetap kering dan tidak lembap.

  • Berikan pakan dan minum berkualitas

Pemberian pakan yang teratur sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan kesehatan ayam. Pakan berkualitas merupakan sumber nutrisi dan energi bagi ayam laga yang akan memberikan dampak pada performa dan tingkah laku saat ditandingkan. Air minum juga harus tersedia dengan kualitas dan kebersihan yang selalu terjaga. Sanitasi air minum dapat dilakukan dengan desinfektan Desinsep supaya tidak ada kontaminasi bakteri di air minum.

  • Berikan suplemen

Saat musim hujan daya tahan tubuh ayam mudah menurun dan tantangan penyakit di lingkungan semakin tinggi. Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam adalah dengan memberikan Super Stamina, Super Strong atau Solvit. Pemberian suplemen pada ayam laga dapat menjaga stamina, daya tahan tubuh serta mengatasi stres. Selain itu suplemen juga dapat menjadi penyempurna dalam latihan dan perawatan, sehingga dapat menjadikan ayam laga tangguh, agresif dan bertenaga.

  • Berikan waktu latihan

Latihan dapat dilakukan seperti latihan fisik pada sayap dan leher, latihan lari, latihan otot sayap dan kaki, dan latihan lainnya. Latihan ini penting untuk mempersiapkan ayam sebelum ditandingkan. Latihan tarung dapat dimulai dari umur 6 – 8 bulan. Saat latihan tanding ini jalu dan paruh ayam dapat dibungkus untuk menghindari luka yang parah. Ayam yang dilatih dengan rutin akan membentuk otot dan stamina, membuat ayam terbiasa bekerja keras melawan tandingannya, lebih agresif serta mempunyai napas yang panjang. Latihan ini juga akan membangun mental ayam sehingga akan terbiasa di arena pertandingan.

  • Umbar ayam

Umbar ayam dapat dimulai pukul 10.00 – 15.00, pada cuaca yang cerah dan jangan lakukan umbar di luar apabila sedang hujan. Umbar merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan ayam laga dengan tubuh berotot, sehat dan fit.

  • Istirahatkan ayam

Ayam laga yang telah dilatih memerlukan waktu istirahat untuk mengembalikan kondisinya. Waktu yang dibutuhkan ayam setelah latihan tanding adalah sekitar 1 – 2 minggu.

Persiapan Sebelum Pertandingan

Setelah melewati perawatan dan pelatihan, ayam laga yang berumur 9 bulan

sudah siap untuk ditandingkan. Saat menjelang pertandingan, kondisi musim hujan tak lagi menjadi hambatan. Persiapan latihan tetap perlu dilakukan agar ayam tetap prima dan siap tanding. Berikut ini persiapan yang dapat dilakukan menjelang pertandingan :

  • Lakukan latihan fisik dan mental 30 hari menjelang bertanding
  • Berikan Super Stamina sebelum latihan setiap hari selama seminggu menjelang bertanding
  • Berikan makanan tambahan lain (gula merah, kecambah, minyak ikan) tiap dua hari sekali sebelum latihan atau pada siang hari
  • Satu hari sebelum pertandingan ayam diistirahatkan dan tidak diumbar
  • Pada hari pertandingan berikan Super Strong 1 – 2 jam sebelum bertanding untuk memperpanjang napas dan menjadikan ayam adu lebih kuat, agresif dan bertenaga.

Super Strong merupakan sediaan herbal berbentuk kapsul yang dapat membantu meningkatkan produksi hormon testosteron dan LH sehingga meningkatkan agresivitas saat bertarung. Khasiat lainnya dapat memberikan efek bronkodilator, salah satunya melalui penghambatan pelepasan mediator inflamasi di saluran pernapasan sehingga dapat memberi efek memperpanjang nafas ayam. Kombinasi komposisi dalam Super Strong juga membantu meningkatkan uptake glukosa sehingga membantu untuk memproduksi lebih banyak energi dan meningkatkan stamina.

Meningkatkan Stamina Ayam Laga saat Musim Hujan
Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin