Email : kmmsgpbkl@gmail.com

Apa obat yang cocok untuk ayam adu jika mengalami ngorok dan di dalam saluran pernapasannya sudah terdapat kutil-kutil berwarna putih?

Jawab :

Ngorok pada ayam merupakan sebuah gejala dari penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gejala ngorok adalah Chronic Respiratory Disease, Coryza, Infectious Bronchitis, Infectious Laryngotracheitis dan Aspergillosis. Selain ngorok, ada kemungkinan lainnya yang dapat menandakan adanya penyakit di saluran pernapasan yaitu bintik-bintik atau kutil berwarna putih. Adanya kutil-kutil tersebut dapat menyebabkan ayam kesulitan untuk bernapas. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan kutil berwarna putih pada saluran pernapasan ayam :

  • Cacar basah (Wet Pox)

Pox atau cacar merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus fowl pox. Terdapat dua bentuk cacar pada ayam yaitu cacar kering dan cacar basah. Cacar kering dapat ditemukan seperti adanya keropeng hitam dipermukaan tubuh ayam yang tidak ditumbuhi bulu. Pada cacar bentuk basah akan ditemukan bungkul-bungkul putih dan kekuningan di mukosa mulut, larynx (laring), tenggorokan, dan kerongkongan yang membuat ayam susah bernapas serta nafsu makan menurun.

Penanganan cacar ayam yang disebabkan oleh virus, hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Namun, yang bisa dilakukan untuk mengurangi sebaran penyakit dengan terlebih dahulu memisahkan atau isolasi ayam yang kondisi serangan cacarnya cukup parah. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder seperti Neo Meditril (3 tetes/kg berat badan) selama 3 – 5 hari atau Tinolin Injection (0,2 ml/kg berat badan) selama 3 hari berturut-turut. Pemberian vitamin juga dapat dilakukan seperti Solvit (1 ml/2 L air minum) selama 2 – 3 hari atau Super Stamina (1 kapsul/ekor) setiap 2 hari.

  • Mikotoksikosis

Mikotoksikosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh toksin atau racun dari jamur. Jenis toksin yang dapat menyebabkan bungkul pada rongga mulut adalah toksin T2. Bungkul-bungkul tersebut dapat ditemukan di dalam tepi paruh, dinding rongga mulut bagian bawah dan esofagus. Pengobatan yang dapat diberikan adalah dengan vitamin dosis tinggi untuk mengurangi efek gejala yang muncul. Fortevit (1 gram/10 L air) dapat diberikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam atau dengan multivitamin Solvit.

Pemberian toxin binder pada pakan juga dapat dilakukan untuk mengikat mikotoksin yang ada di dalam saluran pencernaan. Penggunaan toxin binder memang menjadi salah satu metode yang efektif untuk menghindari efek negatif mikotoksin pada ayam. Prinsip kerja dari toxin binder ialah mengikat mikotoksin dalam saluran pencernaan dengan kuat, lalu mengeluarkannya bersama dengan feses. Contoh toxin binder yang banyak digunakan di lapangan karena aplikasinya mudah dan efektif mengikat mikotoksin adalah Freetox.

  • Candidiasis

Candidiasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Jamur ini biasa ditemukan pada pakan yang terkontaminasi. Gejala yang paling sering terlihat adalah timbulnya plak putih pada mukosa mulut. Penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian nistatin atau dengan copper sulfate selama 7 – 10 hari berturut-turut. Seleksi pakan yang terkontaminasi juga perlu dilakukan lalu hindari pemberian pakan yang terkontaminasi tersebut pada ayam. Vitamin juga dapat diberikan seperti Solvit untuk meningkatkan sistem kekebalan ayam.

Selain dengan melakukan pengobatan, perlu juga dilakukan sanitasi dan desinfeksi kandang untuk menekan bibit penyakit di lingkungan. Bersihkan kandang dan lakukan semprot desinfektan (Antisep/Neo Antisep) dengan rutin.

Obat Ngorok untuk Ayam Adu
Tagged on:     
Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin