PT. Medion Farma Jaya memperoleh Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPERDA) Jawa Barat 2017-2018 Peringkat Biru dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, dalam acara Malam Anugerah PROPER & PROPERDA JABAR Tahun 2017-2018 “Sinergi Industri Dengan Lingkungan Menuju Jawa Barat Juara” di Hotel El Royale Bandung, Jum’at 28 Desember 2018 .

 

PROPERDA adalah Program penilaian kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup dalam Pengendalian Pencemaran Air, Pengendalian Pencemaran Udara dan Pengelolaan Limbah B3 yang diselenggarakan oleh Provinsi Jawa Barat. PROPERDA merupakan instrumen yang sangat strategis guna mendorong perusahaan untuk taat dalam memenuhi peraturan perundangan dan mendorong industri menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Kriteria penilaian ketaatan mengacu kepada peraturan pengelolaan lingkungan hidup, terdiri dari 4 (empat) aspek penilaian yaitu :

  1. Persyaratan dokumen lingkungan/izin lingkungan dan pelaporannya.

  2. Pengendalian Pencemaran Air.

  3. Pengendalian Pencemaran Udara.

  4. Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Pada program ini, peringkat yang diberikan adalah Biru, Merah, dan Hitam yang disebut juga dengan tahap ketaatan terhadap peraturan (compliance to regulation).

  • Biru adalah untuk usaha dan/atau kegiatan yang telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan sesuai dengan ketentuan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  • Merah adalah upaya pengelolaan lingkungan yang dilakukan belum sesuai dengan persyaratan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

  • Hitam adalah untuk usaha dan/atau kegiatan yang sengaja melakukan perbuatan atau melakukan kelalaian yang mengakibatkan pencemaran atau kerusakan lingkungan serta pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku atau tidak melaksanakan sanksi administrasi.

Pada periode ini penilaian PROPERDA dilakukan terhadap 212 perusahaan yang berada di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Hasil penilaian Properda tahun 2018, peringkat Biru sebanyak 107 perusahaan, peringkat Merah 81 perusahaan, dan 24 perusahaan tidak dapat diberikan peringkat.

Program PROPERDA Jawa Barat berkaitan erat dengan Program CITARUM HARUM, dimana peran serta masyarakat dan dunia usaha sangat diperlukan. PT. Medion Farma Jaya telah berpartisipasi dengan mengolah air limbah sesuai baku mutu, menyumbang tanaman keras untuk penghijauan di DAS Citarum, serta membuat lubang biopori di area perusahaan. Sebagai warga masyarakat sekaligus pekerja, kita dapat berpartisipasi dalam Program CITARUM HARUM tersebut dengan:

  • Mengurangi timbunan sampah baik di tempat kerja maupun di rumah.

  • Tidak membuang sampah ke badan air (selokan dan sungai).

  • Membuat resapan air dengan membuat lubang biopori atau menanam tanaman di halaman rumah.

Keikutsertaan PT. Medion Farma Jaya dalam program PROPERDA merupakan wujud dari nilai Noble Spirit dan Accountable, perusahaan memiliki integritas dan ikut bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan. Marilah kita turut menjaga lingkungan, dimulai dari diri sendiri, untuk generasi yang akan datang.

Kontributor : Supriyanto – HRGA

 

PT Medion Farma Jaya Meraih Peringkat Biru dalam Properda Jawa Barat 2017-2018

Produk Unggulan

x
Subscribe To Our Newsletter
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin