Setiap wilayah di Indonesia unik dengan berbagai budaya dan ciri khas daerah. Selain bahasa dan adat istiadat masing-masing daerah yang khas, tentu saja memiliki masakan khas dengan cita rasa tinggi. Tahukah Anda bahwa terdapat beragam masakan khas tradisional berbahan dasar daging ayam di Indonesia, berikut ulasannya.

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang diperkenalkan pertama kali oleh masyarakat Karang Taliwang di Kota Mataram, provinsi Nusa Tenggara Barat. Ciri khas olahan ayam ini berupa ayam kampung muda yang diracik dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga memberikan cita rasa yang pedas dan gurih. Dalam penyajiannya, Ayam Taliwang ini biasanya disertai dengan plecing kangkung.

2. Ayam Goreng Kalasan

Ayam Kalasan dimasak dengan santan kelapa sehingga mempunyai rasa yang gurih dan enak. Jenis ayam yang digunakan adalah ayam kampung, olahan ini biasa dilengkapi dengan serundeng atau kelapa parut yang digoreng lalu ditaburkan di atas ayam.

3. Ayam Gulai Padang

Padang adalah salah satu kota yang memiliki banyak masakan khas terutama makanan yang menggunakan santan dari kelapa asli. Ayam Gulai adalah salah satu resep masakan Padang yang berkuah kental enak dan lezat, olahan ini terbuat dari berbagai rempah-rempah alami.

4. Ayam Pop

Selain Ayam Gulai, Ayam Pop juga merupakan olahan khas Sumatera Barat. Metode pengolahan ayam ini pun sangat sederhana, ayam hanya dicampur dengan bumbu dan direbus menggunakan air santan. Penggunaan air santan ini membuat tekstur ayam menjadi lembut dan gurih.

5. Ayam Woku Manado

Woku adalah bumbu masakan khas Manado yang kaya akan rasa dan aroma yang khas. Berbagai jenis bahan masakan akan terasa sangat lezat dan harum bila menggunakan bumbu woku ini. Masakan menjadi gurih walau tanpa menggunakan santan. Ayam Woku belanga (wajan) merupakan salah satu variannya.

6. Ayam Cincane

Ayam Cincane merupakan makanan khas Samarinda. Biasanya digunakan sebagai hidangan utama dalam upacara adat. Cara mengolahnya cukup mudah, yaitu ayam kampung dilumuri dengan air asam jawa, setelah itu digoreng setengah matang menggunakan mentega kemudian daging dimasak menggunakan bumbu dan santan hingga meresap.

7. Ayam Bumbu Bali

Ayam Bumbu Bali merupakan salah satu masakan khas daerah Bali yang sudah cukup terkenal dikalangan masyarakat. Untuk bumbu Bali nya sendiri, Anda hanya membutuhkan lengkuas, daun jeruk, tomat, kecap manis, kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, garam, dan terasi. Ayam kampung digoreng setengah matang dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan, barulah ayam digoreng hingga matang bersama bumbu.

Ragam Olahan Ayam Khas Daerah di Indonesia

Produk Unggulan

x
Subscribe To Our Newsletter
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin