Bpk. Zaentata – by email

Saya memiliki ayam yang matanya bengkak dan berbusa, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya? Mohon penjelasannya.

Jawab:

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Berdasarkan informasi yang saudara sampaikan, kami menduga ayam anda terserang penyakit Infectious Laryngotracheitis (ILT). Namun tetap diperlukan informasi yang lebih lengkap untuk dapat mendukung dugaan penyakit tersebut. Peneguhan diagnosa tersebut harus dengan melakukan pemeriksaan gejala klinis yang lebih menyeluruh, serta pemeriksaan bedah bangkai.

Ayam yang terserang ILT menunjukkan gejala sulit bernapas dan menjulurkan lehernya seperti tercekik karena pada saluran pernapasannya terdapat massa pengkejuan yang dapat menghambat jalannya udara. Gejala lain yang nampak adalah mata berair, ayam ngorok serta batuk. Pada hasil bedah bangkai ditemukan perubahan seperti adanya eksudat berbusa dari kantung mata, lendir bercampur darah pada trakea, radang dan perkejuan pada laring, serta perkejuan pada trakea.

Penyakit tersebut tidak dapat sembuh total dengan pengobatan antibiotik, sebab tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus. Obat yang mengandung antibiotik tidak dapat membunuh virus penyebab penyakit. Namun saat penyakit tersebut telah menginfeksi, maka tindakan penanganan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Lakukan seleksi dan isolasi pada ayam yang terserang berdasarkan tingkat keparahan penyakit agar tidak menulari ayam yang sehat. Segera keluarkan ayam yang mati dan kuburkan jauh dari area kandang
  • Berikan vitamin untuk membantu mempercepat kesembuhan dengan menggunakan Vita Stress ataupun Fortevit.
  • Dapat pula diberikan herbal Respitoran untuk membantu mengatasi gangguan pernapasan akibat serangan ILT atau saat saat adanya infeksi bakterial (CRD dan Coryza).
  • Untuk menekan virus lapangan di kandang, lakukan desinfeksi kandang dan peralatan menggunakan Antisep atau Medisep.
  • Tingkatkan biosekuriti dengan membatasi lalu lintas orang dan kandang dari kandang sakit ke kandang sehat agar infeksi tidak meluas ke flok lain.
  • Jaga kondisi kandang dari debu dan amonia yang berlebihan karena dapat memperburuk gejala pernapasan. Untuk mengurangi bau amonia, gunakan Ammotrol.
  • Selain kemungkinan karena penyakit ILT, mata berair/nampak berbusa juga bisa disebabkan beberapa hal seperti kadar amonia tinggi, terserang penyakit sistem pernapasan seperti Chronic Respiratory Disease (CRD), Coryza, atau bisa juga karena reaksi post vaksinasi. Jadi perlu digali informasi lebih lanjut dan gejala klinis lain yang muncul untuk mempermudah menentukan arahan diagnosa dan penanganan yang tepat.
Gejala Mata Ayam Bengkak dan Berbusa
Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin