Penanya: Bapak Niko

Kediri – Jawa Timur

Saya peternak ayam layer pejantan dari Kediri, Jawa Timur. Ayam saya umur 60 hari terserang berak hijau, setiap hari selalu ada kematian, sudah saya berikan Therapy tapi tidak begitu berpengaruh. Kira-kira obat apa dan penanganan apa yang cocok untuk ayam saya ?

Jawab:

Warna hijau dari feses hijau berasal dari warna cairan empedu ayam. Kejadiannya bisa disebabkan oleh beragam penyebab yaitu faktor non infeksius seperti ayam tidak makan, atau faktor infeksius (penyakit) seperti ND, kolera, AI, malaria, “malaria like” dan sebagainya.

Feses hijau dapat muncul akibat ayam tidak memperoleh pakan. Feses hijau akan mulai muncul ± 13 jam setelah ayam dipuasakan (di dalam saluran pencernaan tidak ada pakan). Ayam akan mengalami diare kehijauan dan berlendir. Beberapa kondisi yang dapat ditemukan feses hijau ini antara lain saat DOC baru datang ke kandang, saat ayam petelur dipuasakan secara paksa dengan tujuan peremajaan kembali (force molting) maupun saat pengiriman ayam afkir/ panen dari farm ke lokasi pemotongan ayam.

Jika penyebabnya karena ayam tidak makan maka segera berikan pakan. Jika terpaksa melakukan tindakan pemuasaan (pakan) sebaiknya tidak terlalu lama (± 4-6 jam) dan menghindari pemberian air minum berlebih saat pemuasaan. Air minum yang berlebih akan mempercepat pengosongan saluran pencernaan sehingga mempercepat pergesekan permukaan usus. Segera setelah ayam dipuasakan berikan air minum ditambah gula dan Strong n Fit serta berikan pakan untuk memulihkan kondisi tubuh dan mengisi saluran pencernaan yang kosong. Disarankan disaat tersebut, diberikan pakan yang berbentuk mash atau serbuk agar lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan.

Feses hijau yang disebabkan karena infeksi selalu disertai gejala klinis dan perubahan gambaran bedah bangkai. Sehingga disarankan untuk tidak menjadikan gambaran feses hijau sebagai patokan utama dalam mendiagnosa penyakit karena tergantung kepekaan dan pengalaman seseorang dalam mendiagnosa. Perlu data pendukung dari perubahan bedah bangkai dan uji laboratorium agar penentuan penyakit, penanganan dan pengobatan tepat sasaran. Feses hijau karena infeksi juga memperlihatkan tekstur yang berbeda-beda setiap penyakit, diantaranya penyakit ND akan menyebabkan feses berwarna hijau lumut tidak berlendir, serta pada perubahan bedah bangkainya akan ditemukan peradangan di puncak bintil-bintil proventrikulus, di lemak jantung dan peyer patches usus halus.

Sedangkan penyakit AI menyebabkan feses warna hijau pupus (hijau muda) berbentuk pasta dan berlendir, pada perubahan bedah bangkai akan ditemukan adanya perdarahan di usus halus, lemak jantung, perbatasan esofagus dan proventrikulus, serta penurunan produksi telur dan kematian.

Pada penyakit “malaria like”, gejala lain yang muncul ialah ayam lesu, anemia, penurunan produksi telur dan kadang disertai kematian. Pada bedah bangkai ditemukan radang pada ginjal, limpa membesar dan adanya bintik-bintik perdarahan pada organ dalam tubuh serta otot dada. Dan yang lebih penting lagi, ditemukan vektor penyebarnya yaitu Culicoides sp. (bentuk seperti nyamuk besar, menghisap darah dan sayap bertotol) di sekitar kandang.

Jika penyebabnya adalah penyakit virus seperti ND dan AI, maka segera lakukan revaksinasi darurat pada ayam yang masih sehat dengan Medivac ND Clone 45 untuk merangsang pembentukan antibodi ND secara cepat. Begitu juga jika ayam terserang AI dengan menggunakan Medivac AI. Tujuannya ialah agar ayam yang masih sehat bisa segera membentuk antibodi. Semakin cepat antibodi terbentuk maka semakin sedikit virus yang berikatan dengan sel target. Lakukan juga pengafkiran terhadap ayam yang sakit agar tidak menularkan virus ke ayam sehat.

Jika ayam terjangkit kolera, lakukan pengobatan menggunakan antibiotik misalnya Koleridin, Ampicol, Neo Meditril, dll. Sedangkan untuk kasus “malaria like”, ayam bisa diberikan Maladex melalui air minum. Berikan obat sesuai aturan pakai dan dosis agar hasil lebih maksimal. Selain ituperketat biosecurity dan lakukan pembasmian serangga di sekitar kandang dengan antiparasit seperti Larvatox. Selain membasmi larva lalat, Larvatox juga akan membantu pengeringan feses. Berikan vitamin seperti Vita Stress, Vita Strong, Strong n Fit atau Fortevit untuk menjaga daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan tubuh ayam.

Identifikasi Serangan Penyakit Infeksius pada Layer
Tag pada:            

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin