Sadar ataupun tidak, rata-rata masyarakat Indonesia bekerja lebih dari 6 jam. Padatnya aktifitas sehari-hari dan tingginya mobilitas hidup, membuat kebanyakan dari kita lupa untuk menjaga kesehatan saat bekerja. Belum lagi gaya hidup yang serba instan dan kurangnya aktifitas olahraga secara rutin, membuat kondisi tubuh menjadi rentan terserang beragam penyakit. Hal tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara seperti:

  • Konsumsi air putih

Hal sepele yang kerap kali kali dilupakan oleh pekerja adalah minum air putih secara teratur. Minum air minimal 8 gelas perhari, buatlah pengingat di smartphone Anda atau tuliskan seberapa banyak Anda meminum air putih. Dengan demikian kita tidak lupa berapa banyak air putih yang telah dikonsumsi.

  • Lakukan peregangan di sela-sela aktifitas

Jika Anda duduk di depan komputer setiap hari atau terbiasa dengan posisi kerja yang kaku dalam waktu lama, kemungkinan terkena pegal linu di bagian pinggang dan punggung akan menjadi lebih besar. Biasakan untuk lakukan peregangan setiap satu jam sekali, bisa dengan berdiri lalu meregangkan otot-otot yang terasa kaku atau dengan melakukan pijatan kecil agar menciptakan efek rileks.

  • Jalin hubungan baik dengan teman kerja

Tingkat stres dan intensitas pekerjaan yang begitu padat menjadi salah satu pemicu kurangnya interaksi yang baik di lingkungan kerja. Sapalah teman kerja Anda atau lakukan perbincangan ringan, hal tersebut dapat memicu otak untuk memproduksi hormon endorfin yang dapat memberikan efek rileks dan menjaga mood agar tetap baik. Dengan kontrol stres yang baik, kekebalan tubuh pun akan tetap prima.

  • Selesaikan pekerjaan sesuai target

Hindarilah berlarut-larut dalam menyelesaikan pekerjaan. Biasakan untuk menanamkan rasa tanggung jawab di setiap pekerjaan yang dijalani. Dengan demikian, Anda dapat mengelola tingkat stres dalam mengelola prioritas pekerjaan. Selain itu, hal tersebut dapat membuat Anda dapat beristirahat dengan waktu yang lebih luang.

  • Biasakan diri untuk berolahraga

Olahraga terasa berat bagi mereka yang memiliki kesibukan setiap hari untuk bekerja. Namun hal tersebut dapat diatas dengan membiasakan diri meluangkan waktu sebanyak 30 menit untuk berolahraga ringan seperti tidak menggunakan angkutan umum ke tujuan yang dekat.

Menjaga kesehatan di tengah tuntutan pekerjaan yang tinggi merupakan hal positif yang perlu ditanamkan. Dengan demikian, produktivitas kerja dapat optimal dan kondisi tubuh tetap prima. Seperti kata pepatah,“lebih baik mencegah daripada mengobati”.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin