Perhatian pada Sapi yang Baru Tiba di Peternakan

Usaha pemeliharaan sapi dimulai dengan pengadaan bibit atau bakalan. Pengadaan sapi dapat dilakukan dengan membeli di pasar hewan atau impor sapi dari negara luar terutama untuk usaha penggemukan. Perjalanan jauh dari pasar sapi atau pelabuhan sampai ke peternak akan menyebabkan sapi mengalami kondisi stres. Bahkan tak jarang dijumpai perjalanan jauh antar provinsi maupun antar pulau. Stres dapat disebabkan karena sapi mengalami pergantian suasana lingkungan baru, pekerja baru saat pengangkutan maupun setelah tiba di kandang, pengangkutan di dalam truk dengan ruang gerak yang sangat terbatas bahkan hingga berdesak-desakan ditambah lagi dengan terik matahari yang cukup menyengat selama perjalanan. Kondisi ini dapat diperparah dengan perlakuan kasar oleh pekerja selama penanganan serta minimnya ketersediaan pakan dan perawatan selama perjalanan.

Kondisi stres pada ternak dapat menyebabkan kerugian bagi peternak karena akan berdampak pada penurunan bobot badan dan performa ternak. Untuk itu supaya kondisi sapi cepat membaik setelah tiba di lokasi peternakan yang baru, maka perlu perhatian khusus oleh peternak.

Persiapan Sebelum Sapi Datang

Sebelum bakalan tiba, perlu dilakukan persiapan kandang dengan membersihkan kandang yang sudah digunakan sebelumnya. Lebih baik lagi jika kandang dibersihkan secara menyeluruh menggunakan desinfektan. Perlengkapan kandang juga dalam kondisi bersih sebelum digunakan untuk bakalan sapi yang baru datang.

Pakan hijauan sudah disiapkan dan pastikan ketersediannya mencukupi. Pada tahap adaptasi pemberian pakan perlu bertahap. Air minum harus selalu tersedia sejak awal kedatangan bakalan dan diganti setiap hari.

Penanganan Sapi yang Tiba di Peternakan

Saat bakalan atau bibit sapi tiba di peternakan, penanganan yang perlu dilakukan peternak antara lain:

  • Masukkan bakalan sapi yang baru datang ke dalam kandang terpisah atau kandang karantina selama beberapa hari sebelum dimasukkan ke dalam kandang inti. Tujuannya untuk menghindari penularan penyakit pada bakalan sapi.

  • Berikan hijauan segar dan biarkan beristirahat karena sapi masih lelah dan lemah.

  • Berikan air minum untuk mecegah dehidrasi pada tubuh ternak.

  • Berikan suplemen vitamin plus Adenosin trifosfat (ATP) untuk menambah energi dan mengatasi gangguan otot yang dialami sapi, misalnya Bioselvita. ATP merupakan salah satu bahan energi yang paling penting dan sangat diperlukan tubuh. Magnesium, Kalium, Natrium dan vitamin B12 dalam Bioselvita dapat membantu mengatasi gangguan otot dan memperbaiki jaringan otot sebelum dan sesudah transportasi.

  • Hari berikutnya, saat kondisi sapi sudah normal kembali berikan obat cacing pada ternak yang baru datang dengan obat cacing spektrum luas termasuk untuk membasmi cacing hati seperti Wormzol-B atau Wormectin Plus dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh misalnya Vita B-Plex Bolus.

  • Pendataan dan penimbangan awal bakalan atau bibit sapi yang baru datang untuk memudahkan evaluasi selama proses pemeliharaan.

Perhatian Pada Sapi yang Baru Tiba di Peternakan
Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin