Bukan hanya anjing saja yang senang jika diberikan snack (camilan), kucing pun demikian. Rasa dan aroma yang cenderung lebih kuat dibanding pakan biasa membuat kucing akan lebih tertarik dan menyukainya. Jarang sekali kucing menolak jika diberikan snack oleh pemiliknya, bahkan cenderung akan terus memintanya.

Sama halnya seperti manusia, snack dikonsumsi sebagai selingan dari makanan utama dan sudah tentu porsinya tidak lebih banyak dari makanan utamanya. Biasanya snack tersedia dalam kemasan saset kecil sehingga memudahkan untuk dibawa dan mudah juga untuk diberikan pada kucing. Walaupun dalam kemasan yang kecil dan cenderung rendah kalori, jangan berikan snack kepada kucing secara berlebihan karena sifatnya hanya sebagai selingan dari pakan utama. Pemberian snack yang terlalu banyak atau berlebihan dapat meningkatkan kemungkinan kucing mengalami gangguan kesehatan seperti obesitas.

Manfaat Snack Kucing

Terkadang masih ada yang beranggapan bahwa pemberian snack pada kucing itu kurang baik bagi kesehatannya. Tentu hal tersebut kurang tepat karena dengan tujuan dan jumlah/porsi yang sesuai, pemberian snack memiliki berbagai macam manfaat. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat dari memberikan snack untuk kucing :

  Memperkuat ikatan dengan pemiliknya
Pemilik kucing memberikan snack bertujuan untuk membuat kucing kesayangannya merasa senang. Snack tersebut ibarat sebuah hadiah yang bisa meningkatkan ikatan baik antara pemilik dan kucing kesayangannya. Saat momen bersama tersebut pemilik kucing pun akan ikut merasa senang karena ada interaksi timbal balik dengan peliharaan kesayangannya.

  Memberikan pelatihan atau edukasi
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, snack bisa diibaratkan hadiah yang diberikan sebagai bentuk apresiasi ketika kucing telah bisa mempelajari suatu hal. Tentu saja kucing berbeda dengan anjing ketika mempelajari suatu hal seperti perintah untuk duduk atau yang lainnya. Anjing akan lebih mudah dilatih beberapa perintah, sedangkan kucing cenderung lebih sulit. Walaupun begitu, kucing tetap dapat dilatih seperti untuk membuang kotoran di litter box dan snack diberikan sebagai apresiasi atau hadiahnya. Kucing akan lebih menerima pelatihan atau aturan-aturan dengan pemberian hadiah seperti snack dibandingkan dengan hukuman.

  Menstimulasi untuk beraktivitas
Kucing perlu distimulasi secara fisik atau insting supaya tetap sehat dan bugar. Snack dapat diberikan sebagai pancingan atau menstimulasi untuk kucing lebih banyak beraktivitas dan menyalurkan perilaku alamiahnya sebagai pemburu. Contohnya dengan menyembunyikan snack pada mainan yang berlubang. Hal tersebut akan menstimulasi kucing menggunakan insting berburunya untuk mendapatkan seluruh snack yang tersembunyi. Dengan demikian aktivitas fisik kucing akan meningkat dan instingnya semakin terasah.

  Menjaga kesehatan kucing
Pemberian snack dapat bertujuan untuk menjaga kesehatan kucing kesayangan Anda. Contohnya adalah snack kucing renyah dengan bentuk khusus yang dapat membantu mengurangi pembentukan karang gigi. Karang gigi adalah penyebab dari bau mulut pada kucing yang juga bisa menyebabkan peradangan gusi. Selain itu, ada snack kucing lainnya yang bermanfaat untuk membantu pencernaan kucing, menyeimbangkan asupan nutrisi dan mengembalikan nafsu makan. Snack kucing juga bisa membantu ketika ingin memberikan obat kepada kucing. Aroma dan rasa snack kucing yang kuat dapat menyembunyikan bau dan rasa dari obat sehingga dapat mempermudah obat dimakan oleh kucing.

Berbagai Macam Snack bagi Kucing

Terdapat berbagai macam jenis snack yang bisa diberikan kepada kucing, namun secara garis besar bisa dibedakan menjadi snack dalam bentuk basah/lembut dan kering/keras. Tentu masing-masing kucing memiliki selera atau snack kesukaanya seperti apa. Tugas bagi pemelihara kucing adalah mencari tahu snack seperti apa yang disukai oleh kucing kesayangannya. Berikut ini beberapa jenis snack untuk kucing :

Crunchy/Dry

Jenis snack ini memiliki tekstur yang padat dan kering dengan bentuk seperti kibble pakan. Snack dengan tekstur dan bentuk yang keras ini bisa bermanfaat untuk mengurangi pembentukan karang gigi. Snack ini bisa juga diberikan pada kucing untuk memancing perhatian atau melatih kedisiplinan seperti toilet training. Namun karena teksturnya yang keras, kucing yang sudah berumur tua akan ada kemungkinan sulit untuk memakan snack jenis ini.

  Creamy/Wet

Jenis snack ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi dengan tekstur yang lembut. Kucing akan lebih mudah menelan jenis snack dengan bentuk seperti ini sehingga dapat dikonsumsi oleh semua umur kucing termasuk yang sudah berumur tua. Kandungan air yang cukup tinggi di dalam snack creamy bisa membantu untuk menghidrasi tubuh atau memenuhi kebutuhan air kucing.

Umumnya snack jenis ini tersedia dengan pilihan beragam varian rasa yang disukai kucing sehingga dapat menambah nafsu makan. Contohnya adalah Kadofu Creamy Delight dengan dua varian rasa yaitu salmon dan ayam yang mampu meningkatkan nafsu makan dan asupan nutrisi bagi kucing. Kadofu Creamy Delight memiliki kandungan air sampai 85% dan padat nutrisi. Beberapa manfaat dari pemberian snack ini seperti membantu meningkatkan kesehatan kulit dan bulu serta menjaga kesehatan retina, penglihatan dan sistem reproduksi. Selain itu, dengan adanya kandungan green tea extraxt dapat membantu mengurangi bau mulut dan urin serta bersifat sebagai antioksidan.

  Stick

Snack kucing dalam bentuk stick belum banyak ditemui di Indonesia dan umumnya diberikan untuk anjing. Komposisi snack ini 80-95% terbuat dari daging alami yang diolah sampai kering. Tekstur snack yang cukup keras kurang cocok jika diberikan kepada kucing yang sudah berumur tua.

  Freezed Dried

Proses pembuatan snack ini dilakukan dengan pengeringan atau pembekuan. Proses tersebut dapat membuat kualitas nutrisi di dalam snack tetap terjaga dan dapat sisimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Cara pemberian snack ini dapat langsung diberikan kepada kucing atau terlebih dulu merendamnya dengan air sehingga akan menjadi lunak. Jenis snack ini belum umum ditemukan di Indonesia dan cenderung memiliki harga yang cukup mahal.

Kucing yang sehat dan senang akan memberikan kebahagiaan juga kepada pemiliknya. Hal tersebut dapat tercapai salah satunya dengan pemberian snack pada kucing yang sesuai dengan tujuan dan porsinya. Oleh karena itu sediakan snack kucing dirumah Anda dan berikan kepada kucing kesayangan dengan bijak.

Snack untuk Kucing Lebih Bahagia
Subscribe To Our Newsletter
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin