Strategi Kendalikan Heat Stress di Musim Kemarau

Info-Medion-Edisi-Juli-2020

Kemarau dan Heat Stress

Memasuki pertengahan tahun 2020, beberapa daerah di Indonesia sudah merasakan dampak hebat akibat musim kemarau. Menurut prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) puncak musim kemarau tahun 2020 di Indonesia akan terjadi pada bulan Agustus. Efek musim kemarau ini tentunya juga berdampak terhadap usaha peternakan ayam ras maupun lokal yang telah berjalan saat ini. Ternak ayam yang dipelihara biasanya mengalami kondisi stres. Stres panas (heat stress) yang menimpa ayam broiler di antaranya dapat menurunkan konsumsi ransum, tidak tercapainya bobot badan standar, dan meningkatkan angka kematian. Sementara itu, stres panas pada ayam layer jelas berdampak pada turunnya produksi telur harian atau hen day production. Hal lain yang juga tidak kalah penting berkaitan dengan stres panas adalah munculnya kondisi imunosupresi. Kondisi ini berakibat pada peningkatan sensitivitas ayam terhadap infeksi bibit penyakit di lapangan. Oleh karena itu, stres panas tidak bisa kita anggap sepele sehingga antisipasinya penting untuk dilakukan.

Bahasan lebih detail selanjutnya mengenai berbagai faktor pemicu heat stress yang sering terjadi di kandang konvensional, bahaya heat stress bagi ayam serta cara penanganan yang tepat, semua itu akan kami ulas dengan judul Artikel Utama mengenai “Strategi Kendalikan Heat Stress di Musim Kemarau” pada edisi bulan Juli 2020 ini.

Beralih ke rubrik Suplemen, kami menyajikan artikel mengenai ransum untuk ternak itik petelur sebagai wawasan baru. Tidak lupa kami sajikan pula konsultasi teknis, rubrik khusus, rubrik serba-serbi, serta info harga daging dan telur. Akhir kata, selamat membaca! Sukses selalu.

Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin