Geliat Penyakit CRD pada Ayam

Info-Medion-edisi-Desember-2019

Usaha budidaya perunggasan hampir tidak terlepas dari kasus serangan penyakit yang senantiasa melanda ternak. Satu hal yang pasti, penyakit unggas yang menyerang saluran pernapasan ayam selalu hadir setiap tahun. Salah satunya penyakit CRD dan CRD kompleks. Penyakit ini menyerang semua umur dengan fase rawan pada ayam broiler di umur minggu pertama hingga layer di DOC sampai pullet. Sifat kronis pada penyakit ini menyebabkan serangan berlangsung terus menerus dalam jangka waktu lama dan sulit disembuhkan. Sepanjang tahun 2019 ini kasus penyakit CRD mendominasi peternakan ayam Indonesia dan diprediksi masih muncul terutama di musim hujan saat ini. Mengapa CRD selalu datang menghadang?

Dalam artikel utama Info Medion edisi Desember 2019 kali ini mengangkat kembali topik mengenai CRD yang berjudul “Geliat Penyakit CRD pada Ayam”. Penjelasan mengenai perkembangan kasus, gejala, dan penyebab kasus akan dikupas tuntas dalam artikel ini. Tentunya evaluasi mengenai pengendalian dan pencegahan infeksi CRD juga tidak lupa kami bahas.

Pada rubrik Suplemen, topik tentang manajemen kesehatan sapi penggemukan dengan judul “Kesehatan Sapi Penggemukan Tetap Terjaga” akan kami sajikan edisi bulan ini. Pengembangan usaha ternak sapi penggemukan di Indonesia memiliki prospek yang bagus dan masih luas. Sudah sepatutnya selain kita memperhatikan manajemen pemeliharaan, program kesehatan dan biosekuriti serta menciptakan lingkungan yang nyaman bagi ternak sapi turut berperan penting.

Selain Artikel Utama dan Suplemen, tak lupa kami sajikan pula rubrik menarik lainnya seperti Rubrik Khusus, Konsultasi Teknis, Info Harga, Serba-Serbi dan Peristiwa.

Selamat membaca. Sukses selalu.

Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin