Mengatasi Coryza yang Hobi Kunjungi Kandang

Info-Medion-Edisi-Mei-2020

Industri perunggasan hampir tidak pernah terlepas dari kasus penyakit yang selalu melanda ternak yang dipelihara. Dari sekian banyak penyakit yang menyerang ayam, penyakit pernapasan paling mendominasi. Dominasi penyakit pernapasan ini disebabkan kondisi kandang atau alas kandang yang lembap, maka level amonia meningkat sehingga mengiritasi saluran pernapasan. Salah satunya adalah Coryza.

Coryza atau snot merupakan penyakit bakterial yang disebabkan oleh Avibacterium paragallinarum dengan lokasi predileksi utamanya di sinus infraorbitalis. Penyakit ini menyebabkan mengganggu pertumbuhan ayam, penurunan produksi telur dan ayam sulit mencapai berat standar pada ayam pedaging. Serta dapat bersifat akut maupun kronis, dikatakan kronis karena memang setiap unggas yang telah sembuh dari infeksi bakteri dapat bersifat carrier (pembawa).

Artikel utama Info Medion edisi Mei 2020 ini akan membahas update perkembangan terkait penyakit yang satu ini. Yang jelas, satu hal yang perlu kita ketahui bahwa seperangkat benteng pencegahan Coryza berupa vaksinasi tidak sepenuhnya optimal melindungi ayam terhadap serangan penyakit ini. Jadi, selain dengan vaksinasi, untuk mencegah Coryza, peternak harus menjalankan perbaikan tata laksana pemeliharaan serta melaksanakan biosekuriti secara ketat.

Tidak lupa artikel tentang menyiasati masalah bau amonia juga akan kami sajikan sebagai pelengkap bahasan artikel utama beserta rubrik-rubrik menarik lainnya.

Seiring menyambut datangnya bulan Ramadhan 1441 H kami ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Semoga usaha peternakan yang kita jalani semakin sukses kedepannya. Selamat membaca dan sukses selalu.

Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin