Setiap tahun kebutuhan daging sapi terus meningkat. Hal ini dipicu oleh bertambahnya jumlah penduduk dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat. Sehingga daya beli terhadap daging sapi semakin tinggi. Bagi peternak tentu menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Terlebih menjelang hari raya agama seperti Idul Adha, Idul Fitri, Natal dan tahun baru.

Idul Adha bagi peternak sapi potong merupakan hari yang istimewa. Sapi yang digemukkan untuk hewan kurban mendapat perlakuan berbeda dengan sapi-sapi untuk kebutuhan pasar demi kepuasan konsumen, karena berkurban merupakan ibadah. Manajemen pemeliharaan yang optimal dan kedisiplinan sangat diperlukan dalam usaha ternak sapi karena dihadapkan pada target waktu maupun bobot yang ditentukan.

Komponen penting seperti bibit, pakan dan lingkungan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dalam pemeliharaan sapi potong. Bibit yang baik akan menghasilkan produktivitas ternak yang tinggi. Ternak dari keturunan yang baik akan memacu hasil produksi yang tinggi. Begitu juga jika ternak dalam kondisi baik akan memacu pencapaian bobot yang maksimal.

Untuk penggemukan ternak perlu didukung dengan pemberian pakan yang optimal. Pakan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam beternak. Pakan baik secara kualitas dan kuantitas sangat berpengaruh terhadap hasil ternak. Ternak dengan kualitas pakan rendah akan menghasilkan performa produksi ternak yang tidak optimal. Pakan merupakan komponen utama yang harus diperhatikan agar sapi cepat bertambah gemuk. Pakan untuk sapi penggemukan adalah pakan tambahan di luar pakan hijauan yang berupa konsentrat. Sumbernya bisa berasal dari limbah hasil pengolahan pertanian. Misalnya jerami padi, daun singkong, kulit singkong, onggok singkong, kulit nenas, tebon jagung.

Untuk dapat memberikan pakan yang seimbang untuk ternak sapi potong, maka harus mengetahui jumlah nutrisi dari setiap kandungan bahan yang digunakan. Karena susunan gizi yang seimbang, akan mempengaruhi pertumbuhan sapi potong. Setiap kandungan nutrisi pakan akan memberikan fungsi yang berbeda. Dengan alasan inilah mengapa penting menyusun nutrisi pakan ternak sapi sesuai dengan kebutuhannya. Dengan pakan yang kaya akan protein, akan bermanfaat dalam pertambahan massa otot sapi. Kandungan pakan yang kaya akan energi, maka tubuh sapi akan cepat gemuk.

Beternak sapi potong merupakan investasi yang sangat besar. Lingkungan kandang yang baik dan kondisi ternak yang sehat akan menunjang ternak untuk selalu memacu pertumbuhan bobot secara optimal. Karena sapi yang sehat akan mampu tumbuh secara cepat. Sapi sehat ditandai dengan mata yang cerah, pergerakan yang lincah, tidak cacat, hidung dan mulut tidak berlendir dan tidak dalam kondisi dehidrasi. Kandang yang digunakan sebaiknya bebas dari panas dan hujan. Serta lantai kandang dalam kondisi kering atau tidak menggenang.

Untuk menjaga kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh ternak, peternak dapat menambahkan pemberian suplemen atau multivitamin. Pemberian vitamin yang tepat akan menghasilkan produktivitas ternak yang lebih baik. Pemberian vitamin B-kompleks pada ruminansia perlu dimasukkan dalam program pemeliharaan kesehatan secara rutin setiap 2-3 bulan. Misalnya dengan pemberian ADE-Plex Inj, Vita B Plex Bolus atau Injeksi Vitamin B Kompleks.

Program pemeliharaan kesehatan yang tak kalah penting berikutnya adalah pemberian obat cacing. Seperti yang kita ketahui bersama jika ternak terkena cacingan akan mengakibatkan penurunan berat badan secara drastis, anemia, diare, pertumbuhan terhambat, penampilan ternak menjadi kurang baik seperti rambut kusam dan berdiri, perut buncit serta badan kurus. Secara kualitas, daging dan jerohan pun juga mengalami penurunan. Terutama pada serangan cacing hati yang parah. Hati ternak harus diafkir atau dibuang. Hal ini tentu akan mengakibatkan waktu pemeliharaan menjadi lebih panjang untuk mencapai bobot badan yang ditargetkan dan peningkatan biaya pemeliharaan seperti biaya pakan, biaya tenaga kerja maupun biaya pengobatan. Untuk mencegah hal tersebut obat cacing dapat diberikan secara berkala setiap 2-3 bulan sekali guna membasmi cacing secara tuntas dan memutus siklus hidup parasit misalnya dengan obat cacing spektrum luas Wormzol-B atau Wormectin Plus.

Optimalkan Penggemukan Ternak
Subscribe To Our Newsletter
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup Plugin